Bill Gates Donasi Rp 1,4 Triliun untuk Atasi Virus Corona

Teknologi.id . February 06, 2020

Atasi Virus Corona

Foto: Twitter

Teknologi.id - Penyebaran virus corona menyedot perhatian seluruh dunia, termasuk Bill Gates. Melalui yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation, pendiri Microsoft ini mendonasikan sebanyak USD 100 juta atau setara Rp 1,4 triliun untuk mengatasi wabah tersebut.

Sebelumnya, Bill & Melinda Gates Foundation diketahui sudah menyumbang uang USD 10 juta atau setara Rp 136 miliar untuk tujuan yang sama pada akhir Januari lalu.

Dana ini nantinya akan digunakan untuk meningkatkan upaya deteksi virus corona, isolasi dan perawatan, melindungi masyarakat yang berisiko dan mengembangkan vaksin serta perawatan dan diagnostik.

Baca juga: China Ajukan Paten Gunakan Remdesivir untuk Lawan Virus Corona

Untuk rinciannya, USD 20 juta akan diberikan untuk WHO dan otoritas di China, USD 20 juta untuk operasi darurat di Afrika dan Asia Selatan, kemudian sisanya USD 60 juta bakal dialokasikan untuk pengembangan vaksin serta perawatan lebih tepat.

"Organisasi multilateral, pemerintah nasional, sektor swasta dan filantropi harus bekerja sama untuk memperlambat laju wabah, membantu negara-negara melindungi warga mereka yang paling rentan dan mempercepat pengembangan alat untuk mengendalikan epidemi ini," kata CEO Gates Foundation Mark Suzman, seperti dikutip dari siaran pers, Kamis (6/2/2020).

"Harapan kami adalah sumber daya itu dapat membantu respons yang efektif. Respons ini harus dipandu oleh sains, bukan ketakutan, dan harus dibangun berdasarkan langkah yang sudah diambil WHO," kata CEO Gates Foundation, Mark Suzman, dikutip dari Forbes.

Sebelumnya, Bill Gates pernah memperingatkan bahwa wabah virus mematikan merupakan satu dari tiga ancaman terbesar untuk kemanusiaan. Peringatan ini disampaikan Gates dalam diskusi tentang epidemi yang diselenggarakan oleh Massachusetts Medical Society dan New England Journal of Medicine pada April 2018 lalu.

Baca juga: Cara Google Maps Menentukan Kemacetan Lalu Lintas di Suatu Tempat

Dalam acara tersebut, Bill Gates mengatakan ada satu area di mana dunia tidak membuat banyak kemajuan dan itu adalah kesiapan pandemi. Virus ini merupakan salah satu dari tiga ancaman terbesar di dunia. Dua lainnya adalah perubahan iklim dan perang nuklir.

"Dunia perlu mempersiapkan diri atas pandemi sama seriusnya dengan cara kita mempersiapkan diri untuk perang," ujarnya, seperti dilansir dari Business Insider.

Ia menyamakan keganasan virus ini seperti virus flu yang terjadi pada 1918 yang menewaskan 50 juta orang. Kini bila virus tersebut ada bisa membunuh 30 juta orang dalam enam bulan.

Sekadar informasi, berdasarkan data peta penyebaran virus corona buatan Center for Systems Science and Engineering (CSSE) Kamis (6/2/2020), tercatat sudah ada 565 orang meninggal dan 28.335 lainnya terinfeksi.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar