Begini Cara Mencari Video di YouTube Pakai Hashtag

Rima Fidayani Rizki . February 23, 2021

Foto: CNBC Indonesia

Teknologi.id - Ketika ingin mencari suatu video dengan tema yang spesifik di YouTube, biasanya kita memanfaatkan pencarian melalui kolom pencarian, mengerucutkan pencarian lewat channel, atau memfilternya berdasarkan durasi dan tanggal. Tahukah kamu kalau kita bisa mencari video di YouTube lewat hashtag?

Baca Juga: 7 Situs Gratis Terbaik untuk Melacak Silsilah Keluarga

Sebenarnya, hashtag pada YouTube tidak sepopuler hashtag yang ada di platform lain seperti Twitter dan Instagram. Biasanya, hashtag terdapat pada bagian atas judul video, yang terlihat baik pada website YouTube maupun aplikasi mobile.

Nah, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menemukan video menggunakan hashtag, sebagaimana dirangkum dari How-To Geek, Selasa (23/2).

Cara yang paling umum digunakan ialah cukup dengan mengklik hashtag pada bagian atas judul dari video yang sedang ditonton.

Foto: How-To Geek

Nantinya, kamu akan dibawa ke landing page yang berkaitan dengan hashtag tersebut. Page tersebut akan menampilkan berapa banyak video dan channel yang menggunakan hashtag tersebut.

Foto: How-To Geek

Selain itu, kamu juga bisa mengetikkan hashtag tersebut pada kolom pencarian YouTube. Namun, cara ini bukan cara yang terbaik karena yang ditampilkan tidak hanya video yang menggunakan hashtag tersebut, tetapi juga hasil lain yang terkait dengan hashtag tersebut.

Foto: How-To Geek

Baca Juga: 13 IDE Browser Terbaik yang Harus Diketahui Programmer

Jika kamu ingin mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik, kamu bisa mengetikkan URL www.youtube.com/hashtag/ disertai hashtag yang ingin dilihat. Namun, cara ini hanya bisa digunakan jika kamu menonton video dari YouTube versi web browser.

Foto: How-To Geek

Cara demikian akan membawamu langsung pada hashtag landing page seperti di bawah ini. 

Foto: How-To Geek

Hashtag landing page itu sendiri tidak disusun berdasakan urutan kronologis, karena YouTube secara otomatis menampilkan video-video 'terbaik' di deretan atas daftar.

Selamat mencoba!

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler