Awas! Ini Bahaya Main Ponsel Menjelang Tidur

bahaya main ponsel menjelang tidur
Foto: NPR

Teknologi.id – Seperti yang kita semua ketahui, ponsel telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita. Termasuk telah mengubah peradaban modern di seluruh dunia. Nah, yang perlu menjadi perhatian adalah apakah dengan adanya ponsel hidup manusia semakin mudah dan sederhana? atau justru menyebabkan kekacauan?

Memang kenyataannya, dengan perkembangan teknologi ponsel yang sangat cepat ini, sudah banyak membantu kehidupan manusia menjadi lebih efisien. Tapi terlepas dari itu, tubuh manusia membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi dengan banyak bentuk perubahan teknologi, tidak terkecuali ponsel.

Apa yang terjadi sekarang bisa dikatakan manusia gagal dalam beradaptasi dengan ponsel. Mengapa?

Memang ponsel berfungsi juga untuk hiburan. Tapi, tanpa kita sadari manusia telah disibukkan untuk mempelajari dan mengikuti perkembangan teknologi ponsel setiap waktu. Akibatnya adalah manusia hidup dalam lingkaran waktu yang tidak sehat. Contohnya, mengubah waktu malam menjadi siang, dan juga sebaliknya.

Dampak Ponsel bagi Kesehatan

Perubahan kebiasaan seperti diungkapkan diatas yaitu siang dan malam pasti akan berdampak pada tubuh manusia, khususnya tingkat kandungan melatonin (hormon otak) manusia. Tingkat kandungan melatonin yang rendah pada manusia akan menyebabkan rentan dengan segala jenis penyakit. Dampak negatif ponsel bagi kesehatan selain radiasi adalah kanker.

Begitu juga terlalu lama bermain ponsel selain bahaya untuk kesehatan, juga akan membahayakan diri secara psikologis, yaitu menurunnya bahkan hilangnya kepekaan diri terhadap orang lain, seperti tidak mudah ber-empati.

Melatonin akan memproduksi diri pada saat tidur. Sehingga jika kita konstan menatap cahaya buatan dari layar smartphone pada saat berbaring ditempat tidur, siklus tidur pasti akan terganggu. Selain itu, sel-sel pencegah penyakit dari melatonin akan menurun.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone sebenarnya berguna untuk membuat pengguna bisa melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Tetapi dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone yang terlalu terang justru tidak baik bagi kesehatan dan malah berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Kata Peneliti: Orang yang Senang Tidur Larut Cenderung Lebih Cerdas, Apa Benar? 

Oleh karena itu, menghindari bermain smartphone saat sedang tidur atau beristirahat di malam hari adalah pilihan yang bijak. Sebaiknya sebelum tidur hindari kontak mata langsung dengan layar smartphone kurang lebih selama setengah jam.

Solusi yang terbaik adalah selalu matikan atau jauhkan ponsel dari jangkauan tangan kamu dan dari kasur untuk mencegah kamu iseng mengecek ponsel sebelum tidur.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *