Augmented Reality Menjadi Fitur Utama Dalam iOS 11

Foto: pexels.com

Pada acara Worldwide Developers Conference (WWDC), Juni 2017, Apple mengatakan bahwa Augmented Reality atau AR digadang-gadang akan menjadi fitur andalan dalam iOS 11. Fitur AR ini nantinya dapat digunakan di berbagai perangkat Apple seperti, iPhone, iPad, sampai iPod. Di iOS 11 ini juga akan tersedia tools bernama ARKit yang dibutuhkan untuk mengembangkan konten yang berbasis AR.

ARKit ini mampu melakukan banyak hal, seperti motion tracking, estimasi pencahayaan, estimasi skala, dukungan untuk Unity, Unreal dan SceneKit. Hal ini telah membuktikan bahwa dimasa depan game akan menjadi lebih gila lagi.

Belakangan ini telah beredar sebuah video uji coba aplikasi yang dibuat dengan ARKit. Di dalam video tersebut, terlihat bagamaina ARKit digabungkan ke dalam game, dan hasilnya pun terlihat fantastis, seperti ketika pengguna bergerak di sekitar atau terlalu dekat dengan objek AR, maka perspektifnya ikut berubah.

Tak hanya untuk game, AR ini juga digunakan untuk kegunaan lain dalam iOS 11, seperti map, kamera, dan lain-lain. Sementara untuk tanggal releasenya, iOS 11 ini sudah ada namun masih dalam versi Beta. Dan untuk versi publiknya, hingga kini Apple masih belum mengumumkan kepastian terkait tanggal release.

Source: Dirangkum dari Liputan 6.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *