Asteroid Emas Ini Bisa Buat Semua Manusia di Bumi Jadi Miliarder

Kemala Putri . June 27, 2019
Asteroid Emas Ini Bisa Buat Semua Manusia di Bumi Jadi Miliarder
Ilustrasi Psyche 16, asteroid dengan cukup banyak emas di dalamnya untuk membuat semua orang di Bumi menjadi miliarder. Foto: NASA
Teknologi.id - NASA saat ini sedang mengamati asteroid yang mengandung cukup banyak emas serta logam berharga lain. Diperkirakan bahwa logam di asteroid bernilai lebih dari USD 10 kuadriliun. Jika dibawa ke Bumi, asteroid ini bisa membuat semua orang menjadi miliarder. Asteroid ini bernama Psyche 16, berlokasi di antara Planet Mars dan Jupiter. Dilansir dari laman RT.com, Kamis (27/6/2019), asteroid ini pertama kali ditemukan pada 17 Maret 1852 oleh astronom Italia, Annibale de Gasparis dan dikategorikan sebagai Asteroid Kategori M.

Baca juga: September 2019, Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi

Menurut laman Astronomysource.com, kategori ini artinya asteroid tersebut tersusun atas material logam. Peneliti mengaggapnya menarik lantaran biasanya asteroid kebanyakan tersusun atas batuan dan es. Pada 2022 nanti, NASA berencana untuk mengadakan misi ke sana untuk menyingkap keadaan sebenarnya dari asteroid tersebut. Hal ini terkait adanya anggapan bahwa asteroid Psyche 16 sebenarnya dulu adalah inti dari sebuah planet yang kemudian hancur akibat tabrakan yang pernah terjadi. Selain mengandung emas, Psyche 16 seperti disebutkan memiliki kandungan besi, nikel, dan platinum. Dilansir dari International Business Times, Kamis (27/6/2019), seandainya dibawa ke Bumi dan dibagi-bagikan, semua orang di Bumi bisa jadi kaya raya karenanya, mengingat nilainya yang USD 10 quadriliun. Menurut Scott More, penambang senior dan CEO Eurosun Mining, asteroid memang berpotensi jadi sasaran penambangan di masa depan. Apalagi sumber daya di Bumi kian tipis.

Baca juga: Manfaatkan Kekayaan Mineral Asteroid, Tambang Luar Angkasa Segera Terwujud

"Empat sampai 5 juta ons emas yang dibawa ke pasar setiap tahun tidak ada apa-apanya apabila dibandingkan dengan apa yang tersedia di antariksa sana," tandasnya. Mitch Hunter Scullion, pendiri Asteroid Mining Company, setuju dengan pendapat Moore. "Itu adalah industri besar selanjutnya. Sekali kita membangun infrastruktur, kemungkinannya tak terbatas. Uangnya begitu luar biasa bagi mereka yang mau menerima tantangannya," kata dia. Tetapi membawa kembali asteroid dengan nilai yang sebegitu besarnya dapat sepenuhnya menghancurkan ekonomi global. Untungnya, badan antariksa NASA hanya berencana melakukan perjalanan untuk tujuan ilmiah, bukan untuk melakukan penambangan apa pun. (dwk)
author
0 orang menyukai ini

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar