8 Teknologi yang Berpengaruh dan Patut di Pertimbangkan

Influencive

Perkembangan teknologi kini mempengaruhi strategi, manajemen dan model bisnis perusahaan. Tidak semua teknologi memiliki pengaruh yang sama untuk perusahaan, tetapi bergantung pada lini bisnis masing masing. Teknologi.id akan mengulas teknologi yang memiliki dampak lintas industri dan global paling besar selama bertahun-tahun yang akan datang.

Artificial Intelligence (AI)

AI adalah Kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh manusia dengan algoritma perangkat lunak sehingga sebuah benda mampu melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia seperti persepsi visual, pengenalan suara, pengambilan keputusan, terjemahan bahasa, berpikir logis dan mengomputasi suatu perintah. Teknologi ini berkembang seiring dengan adanya komputer dan inovasi untuk memudahkan berbagai proses tanpa perlu bergantung kepada manusia. Selain itu merupakan suatu konsep yang terdiri dari banyak subbidang seperti pembelajaran mesin yang berfokus kepada pengembangan program yang dapat mengajarkan diri untuk belajar, memahami, alasan, merencanakan dan bertindak lebih cerdas ketika mendapatkan data baru.

Augmented Reality (AR)

AR adalah integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara real time atau penambahan informasi/visual ke dunia fisik melalui grafik dan atau overlay audio untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk suatu tugas atau produk. Perbedaaannya dengan Virtual Reality adalah AR menggunakan dunia nyata dengan memberikan benda-benda semu baru di atas nya. Salah satu contoh dari teknologi ini adalah Microsoft HoloLens, sebuah perangkat yang berfokus pada penggabungan hologram tiga dimensi yang bersifat augmented reality dengan dunia nyata.

Blockchain

Blockchain adalah struktur data yang tidak dapat diubah hanya bisa ditambahkan saja atau bisa dikenal dengan buku besar elektronik terdistribusi yang menggunakan algoritma perangkat lunak untuk mencatat dan mengkonfirmasi transaksi dengan keandalan dan anonimitas. Setiap data dari blockchain terhubung dimana apabila terjadi perubahan akan mempengaruhi data selanjutnya.

Drone

Perangkat berupa kendaraan udara atau air yang terbang tanpa dioperasikan oleh awak atau pilot. Drone berjalan secara mandiri dengan kendali melalui komputer on-board atau melalui remote control. Tidak hanya digunakan di bidang militer namun saat ini drone digunakan oelh banyak pihak untuk berbagai keperluan seperti memotret dari jarak yang cukup jauh, mengantarkan barang hingga hiburan.

Internet of Things (IoT)

Sebuah konsep jaringan yang memungkinkan suatu objek memiliki kemampuan untuk mentransfer data tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT merupakan komunikasi antara mesin ke mesin di bidang manufaktur dan listik, perminyakan dan gas. Untuk pengertian umumnya dapat diartikan sebagai infrastruktur jaringan global yang menghubungkan benda-benda fisik dan virtual melalui eksploitasi data capture dan kemampuan komunikasi.

Robot

Agen virtual atau mesin elektro-mekanis yang mengotomatisasi, menambah atau membantu aktivitas manusia sesuai dengan instruksi atau secara otonom dengan instruksi yang telah ditetapkan melalui program komputer.

Virtual Reality (VR)

Teknologi yang dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer dari gambar tiga dimensi atau lingkungan lengkap. Teknologi ini membutuhkan peralatan yang paling umum adalah helm atau headset. Contoh dari VR adalah Google Cardboard.

Pencetakan 3D

Teknik pembuatan suatu objek padat tiga dimensi atau bentuk apapun dari model digital. Berdasarkan model digital tersebut sebuah mesin akan mencetak dari sebuah layer atau lapisan yang masing-masing dicetak di atas setiap lapisan lainnya. Percetakan 3D ini bergantung pada “tinta” inovatif termasuk plastik, logam, kaca dan kayu.

Sumber: Dirangkum dari PWC.

Baca Juga: Peran Machine Learning Bagi Perusahaan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *