8 Teknologi Unik yang Hanya Bisa Kamu Temui di Jepang

Jepang merupakan negara yang kaya akan inovasi dan teknologi modern. Berbagai hasil inovasi dan teknologinya mampu membuat masyarakat dunia terpesona. Akan tetapi, masyarakat Jepang tidak hanya membuat inovasi untuk dipasarkan di berbagai penjuru dunia.

Banyak juga inovasi-inovasi yang dibuat dan bermanfaat untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakatnya sendiri. Bahkan untuk kita, inovasi-inovasi ini justru menjadi hal yang unik karena banyak yang tidak terbayangkan oleh benak kita sebelumnya, namun ternyata banyak manfaatnya. Apa saja inovasinya? Simak daftar di bawah ini!

1. Vending machine yang menjual telur

Di sini kita umumnya mengenal vending machine untuk membeli minuman botol dan tiket commuter line. Akan tetapi di Jepang, vending machine digunakan untuk menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dan terus aktif selama 24/7 jam.

Salah satu yang unik adalah vending machine yang menjual telur. Menjadi unik karena bagaimana bisa mereka menjual telur lewat vending machine tanpa pecah.

2. Multilevel parking yang hemat tempat

Di wilayah perkotaan, lahan kosong sangat terbatas dan harganya bisa selangit. Berbagai upaya dilakukan untuk menghemat penggunaan lahan tersebut. Salah satunya adalah menggunakan multilevel parking sehingga dalam satu lahan kosong yang sempit dapat digunakan untuk parkir lebih banyak mobil.

3. Mentega berbentuk stik yang mudah untuk digunakan

Orang-orang yang suka makan roti tawar pasti akrab dengan mentega. Sayangnya mereka harus menggunakan pisau oles atau sendok untuk mengoleskan mentega ke roti mereka.

Jika ini dilakukan di rumah tentu tidak masalah, tapi jika di sedang dalam perjalanan tentu merepotkan. Oleh karena itu dibuatlah mertega berbentuk stik yang mirip dengan lipstik. Enaknya, mentega ini mudah untuk dioleskan ke roti dan untuk disimpan kembali.

4. Cara agar pesepeda tidak ngebut

Bersepeda merupakan salah satu budaya yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, di antaranya karena dapat mengurangi polusi. Akan tetapi harus ada cara agar membuat pesepeda tidak ngebut di jalurnya. Oleh karena itu dibuatlah susunan tiang-tiang di jalur sepeda agar mereka mengurangi kecepatan di jalur-jalur yang biasanya dipakai buat ngebut.

5. Asbak portabel untuk perokok

Ada tempat-tempat umum di Jepang yang memperbolehkan masyarakatnya merokok di sana. Agar tempat-tempat tersebut tetap bersih dari abu dan puntung rokok, maka dibuatlah asbak portabel untuk para perokok. Abu dan puntung rokok akan disimpan di asbak portabel itu sementara waktu sampai para perokok menemukan tempat sampah umum untuk membuangnya.

Untuk mengetahui lebih lengkap teknologi unik nomor 6 sampai nomor 8, baca selengkapnya di sini.