YubiKey : Security Key Berbentuk USB

Beby Septi Astria Suhendi . October 11, 2021


Foto: Yubico


Teknologi.id - Yubico telah meluncurkan hardware security keys pada hari selasa dengan model USB yang baru yang dinamai YubiKey Bio yang memiliki fitur pengenalan sidik jari untuk menambahkan tingkat keamanan login tambahan pada satu perangkat. 

Hardware security seperti Yubico sering digunakan dengan kombinasi kata sandi untuk login secara manual. Para hacker yang memiliki password kita tidak akan bisa mengakses akun kita tanpa memiliki security keys, hal ini akan membuat data para penggunanya aman.

YubiKey Bio menambah keamanan dalam proses otentikasi dengan mengaktifkan faktor identifikasi kedua penggunanya yaitu sidik jari. YubiKey Bio memiliki dua model yaitu USB-C dengan harga 1,2 juta dan USB-A 1,1 juta. Kelemahan dari keamanan kata sandi adalah para peretas masih bisa mengetahui kata sandi penggunanya, mudah ditebak dan dalam kondisi tertentu para penggunanya bisa lupa dengan kata sandinya. 



Foto: Stephen Shankland


Selain security keys, industri teknologi telah mengatasi kelemahan penggunaan kata sandi dengan biometrik, aplikasi autentikasi pada ponsel dan FIDO (Fast Identity Online). Pengguna layanan seperti Gmail, Youtube dan Google Workspace telah bekerja keras untuk mengatasi kelemahan penggunaan kata sandi. Pada hari Selasa, diumumkan bahwa tahun ini akan mengalihkan 150 juta orang ke otentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah menggunakan security keys untuk melindungi akun karyawannya.

Cara penggunaan YubiKey Bio sangat mudah, contohnya dalam penggunaan akun Microsoft. Buka Security Section > Advanced Security, lalu pengguna dapat langsung mendaftarkan sidik jarinya. Ketika sidik jari sudah terdaftar, kita hanya login seperti biasa dengan memasukkan email dan kata sandi lalu menempelkan sidik jari ke YubiKey Bio yang sudah terpasang.

YubiKey Bio membantu para penggunanya terhindar dari upaya phishing, pencurian data dan informasi pribadi, menggunakan situs web yang berbahaya, dan lain-lain. Aplikasi yang didukung oleh YubiKey Bio antara lain Gmail, Facebook, Twitter, GitHub, Youtube, Ubuntu, LastPass, Reddit, ProtonMail, Microsoft Azure AD, Microsoft Account, macOS, Kraken, Instagram, IBM Security, Google Cloud, Google Advance Protection Program, GitLab, Fedora, Electronic Arts, DocuSign, DigiCert, cmd, CloudFlare, CentOS, Bitwarden, Bitbucket, AWS Single Sign-On, AWS Identity Access Management, 2FA for JIRA, dan banyak aplikasi lainnya.

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar