Tingkatkan Engagement Sosial Media Bisnis dengan Cara Ini

Muhammad Iqbal Mawardi . March 02, 2021

Teknologi.id – Apakah kamu memilki bisnis online dan menggunakan media sosial sebagai platform utamanya? Jika iya, maka tentunya engagement merupakan hal penting dari sosial media bisnismu yang harus dikembangkan.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Namun, meningkatkan engagement sosial media tidak semudah yang dibicarakan. Terdapat beberapa cara yang harus dilakukan guna meningkatkan engagement dari sosial media bisnis kamu. Dengan engagement yang tinggi, peluang produk bisnis kamu dilihat oleh calon konsumen tentu akan semakin besar.

Oleh karenanya, berikut tips meningkatkan engagement sosial media bisnis kamu.

Memulai percakapan

Coba tanyakan pendapat audience media sosial bisnis online kamu mengenai berbagai hal yang bisa membuat kamu mengenali mereka dengan lebih baik. Setelahnya, berikan juga respon untuk jawaban yang sudah mereka berikan.

Kamu juga bisa memulai percakapan dengan bisnis lain yang bergerak di industri yang sama, atau bergabung dengan komunitas tertentu. Percakapan yang dilakukan dengan berkualitas akan mendapatkan tingkat engagement post yang tinggi dan juga terasa lebih menyenangkan.

Buat Postingan yang Lebih Eye-Catching

Foto dan Video adalah tipe konten yang paling banyak mendapatkan interaksi di media sosial, karena mudah dilihat dan bisa terhubung secara emosional dengan para audience. Sekitar 87% post Instagram yang paling banyak di-share mengandung sebuah gambar.

Untuk meningkatkan tingkat engagement posts media sosial bisnis online kamu, sertakan elemen visual kreatif yang berhubungan dengan konten. Dengan begitu, konten produk bisnis kamu akan lebih berpeluang dilirik oleh para konsumen.

Baca juga: Mau Mengisi Survei Dapat Uang? Coba 11 Situs ini

Berikan Value

Memberikan nilai tambah dan mengembangkan komunitas adalah salah satu cara promosi di media sosial yang kurang populer. Kebanyakan bisnis hanya fokus untuk menawarkan produknya, padahal cara komunikasi seperti ini terasa kurang personal dan tidak memiliki value bagi audience. Untuk itu gunakan aturan 80:20.

80% konten post kamu harus fokus pada hal sosial, seperti:

  • Berita mengenai industri yang kamu jalankan
  • Berbagi artikel dari orang atau bisnis lain yang kamu kagumi
  • Berinteraksi dengan pelanggan dan comment
  • Berdiskusi mengenai masalah dan pertanyaan dalam industri
  • Memperlihatkan event yang sedang atau pernah diikuti
  • Promosi silang dengan influencer yang terpercaya
  • Berbagi post lama atau baru dari blog toko online kamu

Sisa 20% lagi bisa kamu manfaatkan sepenuhnya untuk promosi, berbicara tentang produk atau layanan yang kamu tawarkan, dengan call to action yang jelas.

Bisnis yang aktif di media sosial hanya dengan post satu arah saja hanya membuang waktu. Dengan semakin banyak bisnis yang mengembangkan media sosial mereka, engagement harus menjadi tujuan utama. Karena dengan membangun hubungan brand yang baik, pesan kamu akan lebih mudah tersampaikan dan bisnis kamu akan segera merasakan dampak positifnya.

Pasang Iklan

Iklan berbayar di jaringan media sosial seringkali lebih efektif dalam meningkatkan engagement. Dengan melakukan hal ini, uang yang kamu bayarkan akan membuat konten post kamu bisa dilihat lebih banyak audience tertarget, yang memiliki ketertarikan kuat terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan. Coba gunakan cara ini untuk meningkatkan engagement dan memberikan hasil yang sepadan untuk budget marketing online yang kamu tawarkan.

Oleh karenanya, Teknologi.id menghadirkan sebuah solusi untuk kamu, para pelaku bisnis, dengan program ‘Ruang Publikasi’. Ruang Publikasi adalah program yang ditawarkan oleh Teknologi.id untuk dapat meningkatkan engagement dan value dari para pelaku bisnis

Program ini dapat digunakan untuk keperluan Public Relation, Marketing, dan Branding. Perusahaan atau bisnis yang kamu jalankan dapat menuliskan solusi terbaik dan up to date melalui website Teknologi.id tanpa batas selama 6 bulan hanya dengan Rp. 3 juta saja. Menarik bukan? Maka, segera daftarkan bisnis kamu di Ruang Publikasi ya!

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler