Teknologi Baru Asal Korea, Tes Swab Corona Akan Dilakukan oleh Robot

Alda Yuriska . June 29, 2020

Foto; Evening Standard

Teknologi.id - Pandemi virus corona memberikan sedikitnya pembaruan teknologi yang tercipta dari sejumlah penggiat teknologi dunia. Sebut saja baru-baru ini Korea Institute of Machinery and Materials (KIMM) di bawah Kementerian Sains dan Teknologi Korea Selatan yang dilaporkan sedang merancang sebuah teknologi baru mengandalkan robot yang disinyalir bisa melakukan tes swab.

Menurut pencetus teknologi ini, Dr Seo Joon-ho dari Medical Device Lab, Daegu Convergence Technology Research Center, mengatakan tujuan dari penciptaan robot tes swab ini adalah supaya tes swab tidak perlu dilakukan lagi oleh tenaga medis untuk mencegah penularan penyakit. Bahkan, nantinya menurut Joon-ho teknologi ini juga akan dipakai untuk metode pengambilan sampel penyakit berbahaya lainnya. 

Baca Juga: Dukung New Normal, Startup Asal Jepang Ciptakan Masker Pintar

"Ini diharapkan bisa berguna secara klinis untuk diagnosa penyakit menular di masa depan," kata Joon-ho dalam laporan di Korea Biomedical Review, Minggu (28/6/2020).

Dalam pengerjaan teknologi besutannya ini, Joon-ho dan tim diketahui juga berkolaborasi dengan Profesor Kim Nam-hee dari Dongguk University College of Medicine. Nantinya, untuk menggunakan teknologi robot tes swab ini, pasien cukup bersiap menaruh muka di dudukan yang sudah disediakan dan selanjutnya robot akan melakukan tes swab ke hidung pasien.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Rugi Rp 100 Triliun, Ada Apa?

Dalam menjalankan tugasnya, robot ini dilengkapi dengan tangkai tes swab yang sekali pakai buang dan bisa diganti-ganti. Selain itu, robot ini dikendalikan tenaga medis dari ruangan lain dengan joystick yang terdapat monitor untuk memantau rongga hidung sampai pangkal tenggorokan sehingga operator robot bisa mengambil sampel dengan akurat dengan tangkai tes swab yang panjang.

Tak hanya itu, sang operator ini bisa mengendalikan tangkai tes swab naik turun, ke kiri atau kanan dan berkomunikasi dengan pasien lewat video. Joystick dalam teknologi baru besutan Korea ini  bahkan memiliki respons sentuhan yang sensitif yang dapat membuat operator robot ini seperti bisa merasakan rongga hidung pasien secara langsung dengan alat tes swab.

(Ay)


author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya