Rencana Telkomsel Bangun 240 Titik 5G di Indonesia pada 2022

Tristan . December 17, 2021

Foto: Seluler.ID


Teknologi.id -  Perusahaan operator telekomunikasi seluler tersbesar di Indonesia, Telkomsel berencana untuk menambahkan 240 titik baru 5G pada tahun 2022.


Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan,  "Tahun depan, sementara kami targetkan ada sekitar 240 site 5G baru (di Indonesia)," pada acara konferensi pers Telkomsel Siaga Nataru 2022 yang bertempat di Jakarta pada 15 Desember 2021 lalu.


Penambahan 240 titik-titik 5G tersebut masih merupakan angka kasar, bisa kurang atau melebihi target. Keputusan tersebut akan kembali ke kebutuhan masyarakat. Apabila memang sudah ada kebutuhan yang besar terhadap 5G atau tidak. 


Menurut Nugroho, pembangunan situs 5G bergantung pada ekosistem di Indonesia. Hal terpenting adalah memahami kesiapan ekosistem 5G di Tahan Air, terutama mereka yang sudah bisa terhubung dengan jaringan  5G Telkomsel.


Baca Juga: Korsel Uji Mesin AI yang Mendeteksi Wajah Untuk Melacak COVID 19


Saat ini, Pita frekuensi yang sudah tersedia saat ini baru 2,3 GHz, yang digunakan oleh Telkomsel untuk memberikan layanan 5G komersial. Telkomsel ingin agar smartphone dapat terhubung di 2,3 GHz agar semakin banyak masyarakat yang memiliki pengalaman dengan jaringan 5G. Semakin banyak yang terlibat, maka ekosistem 5G akan semakin baik.


Sampai saat ini, terdapat sembilan kota di Indonesia yang memiliki layanan 5G Telkomsel, seperti Medan, Batam, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Balikpapan, Makassar, dan Bali.


Rencana kedepan Telkomsel adalah untuk mencari daerah yang memiliki potensi untuk pengimplementasian 5G agar Telkomsel akan terus mengakselerasi layanan 5G.


Nugroho mengatakan Telkomsel juga terus melakukan digital ecosystem building, untuk sama-sama membangun ekosistem supaya komunitas siap dengan layanan baru yang disediakan Telkomsel.


(TTD)



author1
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar