Photo Wake Up, Ubah Gambar Diam Menjadi Animasi 3D

Photo Wake Up, Ubah Gambar Diam Menjadi Animasi 3DTeknologi.id – Mulai dari industri hiburan sampai dengan bisnis, kini telah menggunakan animasi sebagai ladang mereka mencari uang. Animasi tentunya tidak dapat dibuat dengan mudah, dan tidak semua orang dapat membuatnya. Namun Chung-Yi Weng, mahasiswa PhD di University of Washington, bersama koleganya telah berhasil membuat inovasi yang sangat mencengangkan bernama “Photo Wake Up“.

Photo Wake Up adalah sebuah aplikasi yang dapat membuat animasi 3D dari sebuah gambar diam. Metode yang digunakan oleh Weng ini mengidentifikasi subjek 2D dalam satu foto sebagai input, dan membuat versi animasi 3D dari subjek tersebut. Animasi kemudian dapat “berjalan keluar, berlari, duduk, atau melompat dalam bentuk 3 dimensi”.

Efeknya, seperti yang terlihat dalam video di bawah ini, sangatlah menakjubkan. Legenda bola basket Stephen Curry terlihat sedang beraksi, berlari keluar dari bingkai foto di mana dia berasal. Dan, salah satu kreasi surealis Picasso memotong dirinya dari bingkai secara sempurna, meninggalkan lukisan di belakangnya dengan utuh.

Agar efeknya berfungsi dengan baik, semua kebutuhan software buatan Weng pada awalnya dibuat dalam gambaran siluet. Ini demi memudahkan algoritma untuk mengetahui seperti apa bentuknya nanti, yang kemudian akan diberikan kerangka postur agar dapat bergerak.

Baca juga: Inilah Smartphone Holographic 3D Pertama di Dunia

Software yang Sudah Ada Sejak Dulu

Photo Wake Up, Ubah Gambar Diam Menjadi Animasi 3D

Software seperti ini memang sudah ada sejak dulu, namun untuk saat ini buatan Weng adalah software terbaik. Hal ini karena pendekatan baru Weng menambah kemampuan baru yang penting. Yaitu, dapat mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang berbeda seperti lengan dan kaki. Dan, membentuk bagian yang teridentifikasi secara individual menjadi model 3D dengan model dasar yang persis cocok dengan potongan pada gamber 2D sebelumnya.

Dengan Photo Wake Up, Weng berharap dapat memberikan siapapun sensasi berinteraksi dengan foto dalam cara yang berbeda. Ia juga percaya bahwa karya buatannya mampu menjadi jalur baru dalam industri animasi dan game. Karena, dapat mempermudah pembuatan avatar yang hanya membutuhkan gambar 2 dimensi saja. Di masa mendatang, mungkin koran Harry Potter bukanlah sesuatu yang mustahil lagi!

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *