Ini Perbedaan SSD dan HDD yang Perlu Kalian Tahu

Super Intern . October 19, 2020


Foto: PCMag

Kapasitas penyimpanan data adalah salah satu hal terpenting saat kita membeli Laptop atau komputer baru. Selain untuk menyimpan data-data penting seperti gambar, tulisan, video, musik dan sebagainya, kapasitas penyimpanan data diperlukan agar laptop dapat berjalan dengan optimal. Lalu,apa bedanya SSD dan HDD?


Apa Itu HDD?

Foto: computory.com

Hard Disk Drive adalah kepanjangan dari HDD. HDD merupakan perangkat penyimpanan tertanam di Laptop atau PC yang ditujukan untuk menyimpan data dan informasi. Di dalam HDD ada sebuah piringan yang berisi magnet-magnet yang bertujuan untuk menyimpan data atau  informasi kamu.

Piringan ini bekerja dengan satuan RPM (Rotasi per Menit). Saat kamu mengakses data atau informasi, piringan tersebut akan berputar. Semakin cepat piringan berputar, maka semakin cepat juga hard drive bekerja.


Apa Itu SSD?

Foto: de-tekno.com

SSD adalah singkatan dari Solid State Drive, sebuah perangkat penyimpanan yang difungsikan sebagai penyimpanan data yang di dalam komputer atau Laptop. Biasanya, Laptop generasi sekarang sudah menggunakan SSD. 

SSD juga dirangkai dengan IC (intergrated circuit) yang bertujuan unutk menyimpan dan membaca data-data yang tersimpan di Laptop atau PC kamu.

Baca Juga: Storage Laptop Penuh? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Apa Perbedaannya?

1. Kecepatan

Foto: HighSpeedInternet.com

Dari segi kecepatannya, SSD lebih cepat bekerja dan tidak memakan waktu lama dibanding HDD. SSD hanya perlu memakan waktu kurang dari satu menit untuk membaca data, bahkan hanya dalam beberapa detik.

Namun, HDD dapat bekerja dengan baik apabila ia membaca data yang besar. Hal ini dikarenakan data yang dibaca hanya satu dari awal hingga akhir.


2. Kapasitas

Foto: Pingdom

Untuk kapasitas penyimpanan, HDD lebih unggul daripada SSD. Kalau kamu memerlukan kapasitas penyimpanan yang besar, HDD adalah jawabannya. HDD dapat menampung data dari 40 gigabyte hingga 12 terabyte. Sedangkan SSD, jarang ditemukan kapasitas SSD yang lebih besar dari 2 terabyte.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX DESIGNER, PRODUCT RESEARCH, ESPORT BUSINESS CLASS, DIGITAL MARKETING, dan SALES & MARKETING PROFESSIONAL bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events


3. Ketahanan

Foto: Free Icons Library

Untuk jangka waktu dan ketahanannya, SSD lebih awet daripada HDD. SSD bisa menyimpan data dan informasi kamu lebih lama karena SSD tidak mempunyai bagian yang bergerak seperti piringan HDD.

Jika SSD tidak sengaja terjatuh, terbanting, tersenggol atau tertimpa barang lain, maka data atau file yang tersimpan di dalam sana akan aman. Sebaliknya, HDD dapat dikatakan lebih ringkih karena piringan yang ada di didalamnya.


4. Harga

Foto: Pinterest

Selanjutnya, dari segi harga, SSD lebih mahal dari HDD. Satu terabyte HDD berkisar mulai dari Rp500.000 hingga Rp900.000.Sedangkan SDD dengan kapasitas yang sama dibandrol dengan harga mulai dari Rp1.500.000. Dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, harga tersebut cukup sebanding untuk menyimpan data maupun meningkatkan kinerja Laptop atau PC kamu.


Kesimpulan

SSD dan HDD merupakan perangkat yang difungsikan untuk menyimpan data dan informasi, walaupun terdapat banyak perbedaan di antara keduanya. Kamu bisa memilih dan menimbang-nimbang yang manakah yang paling pas untuk kamu, SSD atau HDD.

(rh)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler