Fitur Terbaru Netflix Akan Segera Dirilis

Stefanie Tanaki . January 22, 2021

Foto: Netflix

Teknologi.id - Kerap kebingungan dalam menentukan konten apa yang ingin ditonton di Netflix? Jika iya, maka kehadiran fitur baru ini akan membantu kamu menyelesaikan kebingunganmu. Netflix secara resmi mengumumkan akan merilis fitur “Shuffle Play” kepada pelanggannya di seluruh dunia pada paruh pertama tahun ini.

Dilansir dari Variety.com, pada hari Jumat (22/1), kabar ini pertama kali diketahui publik melalui wawancara pendapatan Q4 2020 yang disiarkan di Youtube. Dalam wawancara tersebut, COO dan Chief Product Officer Greg Peters menjelaskan bahwa Netflix menghadirkan fitur “Shuffle Play” karena terkadang pengguna tidak begitu yakin apa yang ingin mereka tonton.

Baca juga: Akses Netflix Pakai Telkom Lemot? Ternyata Ini Alasannya

"Ini benar-benar berhasil bagi kami. Anggota kami telah menunjukkan bahwa pada dasarnya, mereka (pengguna) hanya ingin melewati penjelajahan sepenuhnya. Klik satu tombol dan kami akan memilih judul untuk mereka mainkan secara instan," kata Greg Peters pada wawancara pendapatan Q4 2020.

Fitur “Shuffle Play” ini bekerja dengan memilih konten berdasarkan histori tontonan dan algoritma. Fitur ini hadir sebagai salah satu upaya Netflix untuk menyediakan layanan yang lebih baik kepada penggunanya. Netflix sadar bahwa penggunanya kerap kali merasa bingung dan tidak mau repot untuk menentukan konten yang akan ditonton karena banyaknya pilihan di layar utama Netflix. Oleh karena itu, fitur yang telah di uji coba sejak tahun lalu ini dihadirkan untuk mempermudah pengambilan keputusan pengguna.

Saat ini, fitur “Shuffle Play” telah muncul di aplikasi TV yang terhubung dengan Netflix. Fitur ini akan ada di layar masuk profil awal ("Siapa yang menonton Netflix?"). Tepatnya di bawah setiap profil tersebut. Fitur ini berupa tombol dengan label tulisan “Play Something” atau “Shuffle Play”.

Baca juga: Jumlah Pelanggan Disney+ Hotstar Kalahkan Netflix, Kok Bisa?

Judul yang disajikan oleh Netflix saat pengguna menekan tombol "Play Something" atau "Shuffle Play" adalah acara atau film yang serupa dengan yang telah pengguna tonton sebelumnya, judul dalam genre yang pernah pengguna lihat, atau konten yang telah pengguna simpan di bagian "My List". Misalnya, beberapa bulan yang lalu, pengguna selalu menonton drama berjudul “The Queen’s Gambit”, maka ketika saat ini pengguna menekan tombol "Play Something", Netflix akan mulai menampilkan seri drama "The Crown" season 1. Hal ini menjelaskan bahwa drama tersebut mirip dengan "The Queen's Gambit”.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Netflix pertama kali menguji fitur serupa pada tahun 2019 dengan tombol “Random Episode” di aplikasi Android dan tersedia hanya untuk acara TV tertentu. Netflix kemudian memulai pengujian "Shuffle Play” putaran kedua secara global pada Juli 2020.

Dengan adanya fitur ini, Netflix berharap pengguna dapat menonton lebih banyak konten yang ada di Netlix dan terus membayar biaya langganannya.

(st)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler