Bare Metal Server untuk Kebutuhan Bisnis Anda Go Digital

Muhammad Mufid Luthfi . October 19, 2022

Bare Metal Server adalah server khusus berspesifikasi tinggi yang khusus digunakan oleh satu klien saja. Pada dasarnya, bare metal memungkinkan Anda untuk menyewa server dan mengkonfigurasikannya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Hal inilah yang membedakan bare metal dengan dengan shared hosting dimana Anda harus berbagi sumber daya dengan para penyewa lainnya. 

Bare metal server dapat menjalankan sejumlah pekerjaan yang dibutuhkan oleh klien dan memiliki banyak pengguna dalam suatu organisasi, tetapi perangkat keras tetap didedikasikan sepenuhnya untuk organisasi yang menyewanya. Dalam artikel ini, kami akan meninjau manfaat server bare metal dan siapa yang menawarkan yang paling banyak untuk uang Anda.

Mengapa Memilih Bare Metal Server?

Salah satu keunggulan bare metal adalah performanya yang maksimal, hal ini karena Anda tidak perlu berbagi sumber daya dengan pengguna lain dalam sebuah server. Jenis layanan ini memberi pengguna akses total ke perangkat keras. 

Anda dapat memiliki akses seperti itu karena mesin penyewa tunggal tidak menggunakan lapisan hypervisor, yakni lapisan yang biasanya membuat mesin virtual (VM) dan menempatkannya di server. Untuk menghilangkan hypervisor pada lapisan cloud computing untuk server, sistem operasi dideploy langsung ke server.

Deployment langsung ini menghasilkan beberapa server berkinerja paling tinggi di pasaran. Dengan server bare metal, ada kemampuan untuk mengkonfigurasi prosesor, memori, dan penyimpanan. Kemampuan serupa tidak bisa Anda dapatkan pada layanan shared hosting, karena kontrol terhadap hardware dipegang oleh provider layanan tersebut. 

Layanan yang memiliki spesifikasi setara Bare Metal adalah Dedicated Server. Namun, Bare Metal merupakan teknologi yang lebih baru dan canggih sehingga memungkinkan Anda untuk menggunakan server lebih cepat.

Jika dedicated server masih perlu disetting secara manual dan makan waktu, maka Bare Metal bisa siap pakai hanya dalam waktu 10 menit dan memiliki sistem yang bisa setup otomatis.  Anda akan mendapatkan prosesor spesifikasi tinggi, RAM, solid-state drive NVMe, dan produk perangkat keras lainnya dengan Bare Metal Server yang bisa dikontrol secara jarak jauh dari ekosistem cloud. 

Bare Metal vs IaaS: Apa Bedanya? 

Server bare metal adalah bagian dari IaaS, tetapi mereka menawarkan tingkat layanan yang berbeda meskipun mereka memiliki karakteristik cloud yang sama. IaaS memanfaatkan sumber daya virtual, seperti halnya server bare metal yang menggunakan ekosistem cloud untuk memanajemen server dengan spesifikasi tinggi.

Dengan IaaS, Anda dapat menggunakan sistem operasi dan aplikasi yang Anda pilih. Perbedaan di antara keduanya adalah IaaS tidak selalu memberi Anda kontrol infrastruktur. Penyedia layananlah yang mengelola infrastruktur, dengan bisnis Anda dibatasi dalam batasan lingkungan virtual.

Di sisi lain, server bare metal memungkinkan bisnis Anda untuk mengkonfigurasi server khusus dengan cara yang Anda pilih. Ini memberi Anda kontrol untuk menginstal VM dan hypervisor sesuai keinginan.

Bare Metal Server IDCloudHost

Teknologi Bare Metal memang masih jarang kita temukan dari provider Indonesia. Padahal teknologi ini dinilai sebagai masa depan cloud computing yang akan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Kemudahan dalam melakukan instalasi dan juga kebutuhan akan server yang besar juga cepat dalam melakukan setup dapat membantu banyak bisnis untuk berkembang secara digital. 

IDCloudHost saat ini telah menyediakan Bare Metal Server yang handal untuk Anda. Kami juga dapat membantu melakukan konfigurasi serta merawat server anda untuk kebutuhan dan performa terbaik. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan & startup yang sedang tumbuh. Fleksibel dan tersedia kapan saja untuk Anda aktifkan. Yuk, coba sekarang!

author0
teknologi id bookmark icon
author

Muhammad Mufid Luthfi

IDCloudhost

Tinggalkan Komentar

0 Komentar