6 Pengusaha Teknologi Indonesia yang Bersekolah di Harvard

Denna Bio Arli . January 08, 2021

Foto: Pexels

Teknologi.id - Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu universitas bergengsi di Amerika Serikat, yaitu Harvard University?

Seperti yang diketahui, Harvard University merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang bertempat di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Kampus bergengsi ini telah melahirkan banyak tokoh-tokoh penting yang berperan dalam kemajuan berbagai bidang di dunia, seperti Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Namun, selain kedua tokoh populer di bidang teknologi tersebut, 5 pengusaha teknologi di Indonesia ini ternyata juga pernah berkuliah di Harvard lho!

Baca juga: 7 Poin Kebijakan Baru WhatsApp dan Penjelasan Lengkapnya

6 Pengusaha Teknologi Indonesia Yang Bersekolah Di Harvard

1. Nadiem Makarim - Pendiri Gojek

Foto: Guru Paud

Nadiem Makarim merupakan lulusan Harvard Business School sekaligus pendiri Gojek, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang transportasi berbasis daring di Indonesia.

Sebelum memperoleh gelar Master of Business Administration dari Harvard, Nadiem telah menyelesaikan pendidikannya di Universitas Brown Amerika Serikat dengan mengambil jurusan Hubungan Internasional.

Tidak hanya Gojek, Nadiem ternyata juga telah lebih dulu mendirikan Zalora, salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia. Kemudian bergeser sedikit dari bidang teknologi, Nadiem kini tak lagi menjabat Direktur Utama Gojek, karena telah resmi mengemban jabatan baru sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

2. Reynold Wijaya - Founder and CEO, Modalku

Foto: youngster.id


Modalku, perusahaan startup yang bergerak di bidang usaha jasa dan perdagangan ini tidak luput dari sepak terjang alumni Harvard University.

Adalah Reynold Wijaya yang merupakan salah satu pendiri dari Modalku ini pernah mengenyam pendidikan Master of Business Administration di Harvard Business School.

Bersama dengan Kelvin Teo dan Iwan Kurniawan, mereka mendirikan Modalku yang memiliki dua produk utama yaitu pinjaman UKM dan Invoice Financing. Hingga 2017 perusahaan yang menjadi platform online terbesar di Indonesia ini telah masuk dalam daftar Fintech 250 menjadi salah satu perusahaan terbaik di dunia yang melakukan terobosan inovasi di bidang teknologi finansial.

3. Adi Arriansyah - Founder and CEO, Sagara Technology

Foto: dok. Teknologi.id


Sagara Technology merupakan sebuah perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan website dan aplikasi.

Perusahaan ini didirikan oleh Adi Arriansyah, salah satu orang Indonesia yang pernah berkuliah di Harvard. Setelah menyelesaikan studinya di Telkom University di Indonesia, Adi menempuh pendidikan Executive Education di Harvard Business School.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 2014 ini telah membantu mengembangkan banyak website dan aplikasi mobile untuk sejumlah startup ternama di Indonesia. Tidak hanya itu, Sagara Technology juga pernah andil dalam pengembangan teknologi dari Kementerian di Indonesia diantaranya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca juga: Enam Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Berbisnis

4. Ferry Unardi - Founder and CEO, Traveloka

Foto: Lifepal


Bagi kalian yang sering traveling ataupun sekedar memesan tiket via online saja pasti tidak asing dengan aplikasi satu ini. Traveloka merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket dan hotel secara online di Indonesia.

Salah satu pendiri Traveloka, Ferry Unardi juga pernah mengeyam pendidikan di Harvard, setelah menyelesaikan studi S1-nya di Purdue University, Amerika Serikat.

Namun, pria asal Padang Sumatera Barat yang mengambil jurusan S2 Bisnis di Harvard ini memutuskan untuk berhenti kuliah dan memfokuskan dirinya untuk mengembangkan Traveloka. Marketplace yang melayani pemesanan tiket pesawat dan hotel ini kini menjadi salah satu aplikasi yang sangat populer di Indonesia.

5. Belva Devara - Co-Founder and CEO, Ruangguru

Foto: Daily News Indonesia


Putra bangsa muda berbakat yang pernah menjadi Staf Khusus Presiden ini ternyata juga lulusan dari Harvard University lho. Pria dengan segudang prestasi ini bahkan mendapat gelar pascasarjana ganda dari dua universitas ternama di dunia, diantaranya dari Harvard University pada jurusan Master of Public Administration dan Stanford University pada jurusan Master of Business Administration.

Bersama dengan Iman Usman sahabatnya, pada 2014 mereka mendirikan Ruangguru, sebuah startup teknologi dalam bidang pendidikan. Salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia ini telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna dan mengelola 300.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran di Indonesia.

6. Fajrin Rasyid - Co-Founder, Bukalapak

Foto: Indiekraf.com


Muhammad Fajrin Rasyid merupakan milenial pertama yang menjadi Direksi Telkom. Sebelumnya, Fajrin adalah Co-Founder dan Presiden Bukalapak. Fajrin lahir di Jakarta 11 September 1986. Dalam jenjang pendidikan, Fajrin Rasyid melanjutkan pendidikan ke Harvard Business School dan Stanford University Graduate School of Business.

“Sekarang saatnya saya membantu Indonesia lebih maju lagi dengan fokus untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia, bersama Telkom, TBK. Saya berharap pengalaman saya membesarkan bisnis startup hingga menjadi besar seperti sekarang, dapat membawa kontribusi untuk mengembangkan Telkom.” kata Fajrin dalam keterangannya Jumat (19/6/2020).

Baca juga: Cara Cek Rekening Penipu Online dan Melaporkannya

(dba)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler