5 Manfaat Landing Page untuk Bisnis Anda

Muhammad Mufid Luthfi . April 12, 2022


Landing page adalah hal yang penting mendapat perhatian jika Anda memiliki usaha yang menggunakan pemasaran digital untuk produk-produk Anda. Bahkan menurut Hubspot, perusahaan yang kerap menggunakan landing page untuk berbagai kegunaan akan mengalami kenaikan leads lebih dari 50%.

Semakin banyak halaman yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, semakin tinggi pula kenaikan leadsnya.  Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa landing page sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda.

Landing page adalah sebuah halaman website yang khusus dibuat untuk tujuan tertentu, biasanya campaign atau iklan. Pengunjung website Anda biasanya dapat menemukan dan mengklik link menuju ke landing page itu dari email, iklan, media sosial, dan lain-lain. 

Landing page juga banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan informasi dari pengunjung website dan target market mereka. Alasannya, karena di landing page biasanya pengunjung harus memasukkan berbagai data pribadi seperti email, nama, usia, serta nomor telepon. Data ini sangat berguna untuk campaign dan promosi lain yang Anda lakukan kedepannya. 

Selain untuk mengumpulkan data dan menjalankan campaign, tak jarang landing page juga bertujuan untuk menaikkan conversion rate atau penjualan. Landing page yang seperti ini biasanya memuat informasi promo atau diskon. Landing page memiliki banyak manfaat bagi bisnis Anda, apa saja manfaat tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

5 Manfaat Landing Page untuk Bisnis Anda

Jika seseorang datang ke website Anda seperti biasa, mereka hanya akan melihat-lihat atau membaca konten yang Anda suguhkan. Namun, jika Anda mengarahkannya ke landing page maka orang tersebut tergerak untuk melakukan sesuatu, entah mendaftar event, atau membeli barang dengan harga promo. Hal ini karena landing page berfokus pada call to action (CTA). Apa saja manfaat lainnya? 

1. Sebagai Sarana Promosi

Landing page berguna untuk sarana promosi produk Anda. Hal ini karena landing page memfokuskan pada satu tujuan khusus saja, sehingga pengunjung bisa sepenuhnya menaruh perhatian pada informasi singkat yang ingin Anda sampaikan.

Cara ini lebih efektif daripada memposting promosi tersebut hanya di website Anda saja, pengunjung tidak akan terlalu memperhatikannya karena website tersebut memuat banyak informasi sekaligus.

  2. Meningkatkan Conversion Rate

Conversion rate tidak melulu soal penjualan saja, lho. Istilah ini juga bisa berarti aksi yang Anda inginkan dalam CTA yang ada di landing page untuk bisnis Anda. Misalnya, membuat akun, mendaftar event, mendownload ebook, berlangganan newsletter, dan lain-lain. 

Conversion rate yang tinggi tentu menjadi tujuan bagi sebuah strategi marketing. Jika yang diperoleh bukan penjualan pun, Anda sudah sukses membawa lebih banyak calon konsumen ke dalam marketing funnel Anda. 

3. Mengumpulkan Data Leads

Data leads biasanya berupa email, nama, jenis kelamin, usia, dan nomor telepon yang dimasukkan oleh pengunjung saat datang ke landing page Anda. Data penting ini berguna untuk memperkaya database Anda, yang nantinya dapat berguna jika Anda melakukan analisis lebih lanjut tentang strategi marketing apa yang cocok untuk mereka, atau produk baru apa yang dapat menjawab kebutuhan mereka. 

Database ini juga berguna jika Anda melakukan strategi email marketing, Anda bisa tetap terhubung dengan orang yang mengisi leads di landing page tersebut dan mengirimkan mereka email-email promosi dari bisnis Anda. 

4. Meningkatkan Efektifitas dan Efisiensi Iklan Berbayar

Biasanya, pemilik bisnis akan menggunakan iklan untuk mendapatkan pengunjung ke landing page. Anda bisa menggunakan Facebook Ads, Google Ads, atau platform iklan lainnya. Untuk membuat iklan, tentunya Anda membutuhkan biaya tertentu, bukan?

Setiap pemilik bisnis pasti ingin budget iklannya bisa lebih efisien dengan hasil maksimal.  Misalnya, Anda membuat landing page dan mengiklankannya di Facebook dan Instagram. Dari 1000 orang yang menjadi target iklan Anda, hanya 10% yang mengikuti CTA yang Anda cantumkan.

Sementara itu, 90% orang hanya mengabaikan landing page Anda saja. Jika menggunakan Facebook Ads, Anda tak perlu khawatir karena adanya fitur Facebook Pixel yang menyimpan data semua pengunjung tersebut. 

Jika selanjutnya Anda akan beriklan lagi, iklan tersebut bisa Anda fokuskan pada 90% orang yang belum mengikuti CTA tersebut. Selain itu, karena Facebook terkoneksi dengan Instagram, fitur Facebook Pixel ini juga bisa Anda gunakan di Instagram. Dengan cara ini, budget iklan Anda jadi lebih efisien, bukan? 

5. Membangun Brand Awareness 

Landing page yang menarik membantu meningkatkan brand awareness dari usaha Anda. Selain itu, landing page ini akan membuat bisnis Anda tampak lebih profesional dan kredibel. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda bisa memanfaatkan landing page untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, lho. 

Caranya adalah dengan memperlihatkan testimoni dari pembeli, atau nama-nama besar yang sudah pernah menjadi klien Anda. Testimoni ini berfungsi sebagai social proof yang dapat meningkatkan kredibilitas bisnis Anda, tapi tentunya harus dibarengi dengan kualitas produk juga, ya. 

Buat Landing Page yang Menarik dengan Layanan dari IDCloudHost

Landing page sangat berpengaruh dalam aktivitas marketing sebuah bisnis. Setelah mengetahui berbagai manfaat landing page ini, Anda dapat mulai membuatnya untuk bisnis Anda segera. Anda dapat membuatnya dengan berbagai layanan hosting dan VPS dari IDCloudHost.

Bahkan, sekarang Anda bisa membuat landing page menggunakan WordPress Hosting dengan harga mulai dari 5000 rupiah saja! Tertarik membuat landing page yang menarik untuk bisnis Anda?

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar