Ini Dia, Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS

GPS
Foto: PassageMaker

Teknologi.id – GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi yang menggunakan satelit yang saling berhubungan dan berada di orbitnya. Satelit-satelit itu milik Departemen Pertahanan (Departemen of Defense) Amerika Serikat yang pertama kali diperkenalkan mulai tahun 1978 dan pada tahun 1994 dan sudah memakai 24 satelit.

Zaman sekarang banyak masyarakat sudah tidak asing dengan kata GPS. Hampir semua orang tahu mengenai penggunaannya. GPS sendiri berisi beberapa integrated circuit (IC) sehingga murah dan teknologinya mudah untuk di gunakan oleh semua orang. GPS dapat digunakan utnuk berbagai kepentingan, misalnya mobil, kapal, pesawat terbang, pertanian dan di integrasikan dengan komputer, laptop,maupun android.

Baca juga: Khoirul Anwar, Putra Bangsa Penemu 4G LTE, Benarkah Begitu? 

Namun, tahukah kamu siapa penemu teknologi GPS? Sayangnya banyak yang tidak tahu bahwa GPS di temukan oleh seorang perempuan yang berasal dari kebangsaan Amerika Serikat dan dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

Ia bernama Gladys West.

Selain tokoh rahasia militer West juga bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada tahun 1950-1960-an. Dia juga dikenal sebagai ahli matematika Amerika yang terkenal karena konstribusinya dalam pemodelan matematika bentuk bumi. Ia juga merupakan salah satu ahli matematika yang ikut serta dalam pengembangan model geodesi satelit yang akhirnya dimasukkan ke dalam Global Positioning System.

Pada tahun 1956  dirinya masuk ke dalam penelitian bidang militer. Di tahun yang sama, ia juga meraih penghargaan karena berhasil melakukan penelitian mengenai keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus. Pada tahun 1960 West mulai mencoba pemrograman komputer IBM 7030 yang diberi nama Stretch.

Baca juga: Gara-Gara Rasis, Gelar Nobel Penemu DNA Dicabut 

Kelebihan komputer ini bisa menghitung geodetik bumi secara akurat(GOID). Program tersebut merupakan awal terjadinya GPS. Atas prestasinya tersebut Gladys West termasuk kedalam daftar deretan orang yang berpengaruh dalam angkatan udara Amerika Serikat. Ia juga mendapat penghargaan tertinggi di angkatan udara Amerika Serikat di Airforce Space And Missile Pioneers Hall of Fame.

(DWK)

  1. Hello there,

    My name is Aly and I would like to know if you would have any interest to have your website here at teknologi.id promoted as a resource on our blog alychidesign.com ?

    We are in the midst of updating our broken link resources to include current and up to date resources for our readers. Our resource links are manually approved allowing us to mark a link as a do-follow link as well
    .
    If you may be interested please in being included as a resource on our blog, please let me know.

    Thanks,
    Aly

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *