Kompilasi Pemikiran Inovatif Gubernur Ridwan Kamil di Instagram

Ridwan Kami memberikan keynote speech di World Conference of Creative Economy @wcce.id

TEKNOLOGI.ID – BANDUNG Gubernur dengan Pemikiran yang “Tidak Umum”. Mengapa begitu? Kami akan paparkan di bawah mengapa seorang Ridwan Kamil ini adalah seorang Gubernur yang ‘Nasionalis’ dan Jenius melalui penjelasan dibawah.

Pemikiran beliau selalu konseptual dan aktual, berorientasi dengan teknologi, visual dan pemecahan masalah.

Ide ide yang brilian dan sangat ‘masuk’ dengan era digital jaman sekarang.

Ide Ide Brilian yang Berhubungan dengan Digitalisasi Indonesia, Untuk Indonesia yang Lebih Maju

Siap siap untuk berpikir kritis karena ide-ide beliau harus dibaca dengan pikiran kritis.

IDE 1: DESA DIGITAL JABAR

 

“Saya sedang menyiapkan Desa Digital. Siapa bilang digital hanya di kota saja? Kita ubah peradabannya, mulai dari berkomunikasi hingga berdagang online,” kata Kang Emil dalam paparannya di  Leaders Talk yang digelar Telkom University di Trans Luxury Hotel Kota Bandung, Jumat, 28 September 2018.

Gubernur Emil menuturkan, dengan hadirnya program Desa Digital masyakat desa bisa menjadi lebih produktif. Luar biasanya Gubernur Emil tak hanya urusan wifi-wifi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem.

Command center juga disiapkan untuk kepala desa supaya kepala desa dapat melihat permasalahan secara helicopter view dan diharapkan LUGAS dan TANGGAP terhadap permasalahan di desanya dan segera menindaklanjuti masalah tersebut.

IDE 2: 1 VILLAGE 1 COMPANY (SATU DESA SATU PERUSAHAAN)

Di mindmap diatas, Ridwan Kamil memetakan struktur struktur yang

Ada ribuan desa, akan dihadirkan ribuan perusahaan. INILAH cara Pemprov Jabar memandirikan desa dan mengurangi pengangguran.

Warga desa pun akan bangga tinggal dan bekerja di desa dan ibu-ibunya tidak usah lagi jadi TKW,” tulis Ridwan Kamil.

IDE 3: KOTA TASIKMALAYA CREATIVE & INNOVATION CENTER

Berikut adalah design Creative & Innovation Center Kota Tasikmalaya. Ridwan Kamil berimajinasi, dengan adanya Innovation Center, dapat menjadikan orang orang Indonesia khususnya Jawa Barat menjadi lebih kreatif dan mempunyai inovasi yang luar biasa dengan wadah yang diberikan pemerintah. Ungkapnya di setiap alun alun di Jawa Barat akan ada Innovation Center.

Berikut adalah komponen Innovation Center karya Ridwan Kamil:

  1. Coworking Space
  2. Creative Studio
  3. Cinema / Theater
  4. Class Rooms
  5. Exhibition Hall
  6. Innovation Rooms
  7. Incubation
  8. Design Store
  9. Library

IDE 4: INCLUSIVE ECONOMIC GROWTH WEST JAVA 2018-2023 : Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Jawa Barat

“Karena yang terjadi sekarang adalah ada gap, orang menengah-atas punya akses makin makmur, orang-menengah bawah kebingungan tidak ada akses tidak ada pertolongan, sehingga dia jalan di tempat,”

“Dalam lima tahun kedepan, saya membayangkan Jawa barat menjadi daerah yang berkembang dari pariwisata ekonomi selfie, ibu-ibu yang kemampuannya sudah meningkat melalui sekolah perempuan, dan agrikultur” – Ridwan Kamil

Teknologi.id menobatkan Ridwan Kamil sebagai gubernur nasionalis yang jenius. Karena telah mau membangun bangsa dan lingkungan sekitar dengan pikiran pikiran yang ‘breaktrough’.

Pesan Ridwan Kamil untuk Para Smart Millenials dan Generasi Z Pembaca Teknologi.id, Dalam Berinovasi

Jangan hidup penuh dengan keterpaksaan. Cintai apa yang kamu kerjakan dan kerjakan apa yang kamu cintai. Maka kebahagiaan akan mengikuti. – Ridwan Kamil

Teknik diatas yang digunakan Ridwan Kamil adalah teknik mindmapping. Teman-teman yang berkuliah fakultas kedokteran biasa menggunakan teknik ini untuk menghafal dan memahami sesuatu. Begitu pula para product manager di startup startup nomor wahid dunia. Nah, teknik ini bisa bantu belajar kamuSingkatnya, mind mapping adalah pemetaan pikiran yang terorganisir secara visual dari ide dan konsep. Teknik ini awalnya diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang psikolog asal Inggris. Dengan cara kreatif ini, dijamin lebih ampuh untuk memahami maupun menghafal sesuatu, bahkan mengkonsep sesuatu.

 

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *