Dikenal Sebagai ‘Mother of Hubble’, Astronom Nancy Roman Meninggal Di Usia 93

Dikenal Sebagai 'Mother of Hubble', Astronom Nancy Roman Meninggal Di Usia 93Teknologi.id Nancy Roman, seorang astronom terobosan yang dikenal sebagai “Mother of Hubble”, meninggal 25 Desember lalu pada usia 93 tahun.

Sebagai Kepala Astronomi pertama NASA, Roman bertugas untuk mengawasi perencanaan awal pengembangan Teleskop Luar Angkasa Hubble. Serta, observatorium ruang angkasa dan satelit lainnya.

“Saya tahu bahwa memikul tanggung jawab ini, berarti saya tidak bisa lagi melakukan penelitian. Tetapi tantangan untuk merumuskan program dari awal yang saya yakini akan mempengaruhi astronomi selama beberapa dekade mendatang terlalu besar untuk dilawan,” katanya pada sebuah wawancara.

Baca juga : Pesawat Milik NASA Siap Terbang Menuju Tata Surya Purba Di Tahun Baru

Roman membuat proyek Hubble tanpa henti, melobi untuk pendanaan awal dan menulis kesaksian sebagai perwakilan NASA. Ia juga bertugas untuk membantu meyakinkan Kongres untuk berinvestasi dalam salah satu proyek ilimiah paling mahal yang pernah dibuat.

11 tahun setelah dia pensiun, para astronot yang pesawat ulang-alik Discovery kemudian meluncurkan teleskop senilai $1,5 miliar pada 1990 dan menjadikan Hubble teleskop optik pertama yang beroperasi di luar angkasa.

Karena mengorbit jauh di atas atmosfer bumi, teleskop tidak dibebani oleh awan, hujan dan polusi cahaya. Memberikan pandangan astronom dan publik tentang alam semesta yang belum pernah terjadi sebelumnya.

(HF)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *