Ini Dampak Facebook Down yang Dirasakan Mark Zuckerberg

Muhammad Iqbal Mawardi . October 08, 2021


Foto: Wallpaper Cave

Teknologi.id – Kekayaan pribadi Mark Zuckerberg turun lebih dari $7 miliar dalam hitungan jam setelah tragedi downtime yang menimpa Facebook minggu ini. Ini membuat Zuckerberg turun tangga dalam daftar orang terkaya di dunia.

Saham raksasa media sosial itu turun lebih dari 5% pada hari Senin kemarin, sehingga total kerugiannya menjadi hampir 15% sejak pertengahan September.

Penurunan pasar saham pada hari Senin mengurangi kekayaan bersih Zuckerberg menjadi $ 120,9 miliar, menempatkannya di belakang Bill Gates di Bloomberg Billionaires Index. Menurut indeks, ia telah kehilangan lebih dari $19 miliar sejak 13 September, ketika ia bernilai hampir $140 miliar.

The Wall Street Journal mulai menerbitkan serangkaian cerita berdasarkan cache dokumen internal. TWS Journal Mengungkap bahwa Facebook menyadari berbagai masalah dengan produknya, termasuk dampak negatif Instagram pada kesehatan mental gadis remaja dan informasi yang salah tentang kerusuhan Capitol.

Baca juga: Tekad Gapai “Metaverse”, Facebook Ciptakan Kacamata Pintar

Laporan tersebut menarik perhatian otoritas pemerintah, dan pelapornya muncul pada hari Senin. Dari sudut pandang pendapatan, downtime harus dibayar dengan harga mahal oleh Facebook.

Pendapatan iklan diperkirakan menghasilkan sekitar US$330 juta setiap hari untuk perusahaan, dan tragedi downtime kemarin telah membuat aspek bisnis ini tidak dapat beroperasi sama sekali.

Sebagai akibat dari penghentian global Facebook, WhatsApp, dan Instagram, kapitalisasi pasar Facebook turun sekitar $50 miliar. Menurut Fortune, Facebook kehilangan pendapatan $99,75 juta selama downtime kemarin, yang berlangsung selama lebih dari enam jam.

Mark Zuckerberg sendiri mengklaim bahwa ia mengalami kerugian dan menyebabkan kekayaan bersihnya anjlok lebih dari $7 miliar.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler