I Made Sanadhi Sutandi, Mahasiswa UI yang Magang di CERN Tahun 2016

Teknologi.id – I Made Sanadhi Sutandi, adalah seorang putra Indonesia yang mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Ia adalah mahasiswa Teknik Komputer Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia angkatan 2012.

Pada Juni hingga Agustus tahun 2016 dia berhak mengikuti magang OpenLab Summer Research program di Centre Europeen pour la Recherchee Nucleaire (CERN). Ia merupakan salah satu dari 40 peserta terpilih lainnya yang telah bersaing dengan 1.461 pelamar dari seluruh dunia.

CERN merupakan pusat penelitian komputer berkecepatan tinggi dan juga fisika partikel tercanggih dan terbesar di dunia. CERN juga adalah pemilik Large Hadron Collider, sebuah akselerator partikel raksasa, yang melintasi Swiss dan Perancis.

Mereka memiliki sumbangsih besar terhadap ilmu pengetahuan seperti penemuan partikel Higgs Boson yang mendapatkan hadiah Nobel Fisika tahun 2013 serta penemuan Quark-Gluon Plasma.

Selain itu, lembaga ini adalah pencetus World Wide Web (WWW) yang hingga kini menjadi platform untuk mengakses informasi di internet. Konsep WWW dimulai oleh Tim Berners-Lee pada 1980. Berdasarkan konsep hypertext, proyek ini bertujuan untuk memberikan medium distribusi informasi di antara peneliti melalui jaringan internet yang pertama kali resmi digunakan secara luas pada tahun 1991.

I Made Sanadhi Sutandi bersama rekan magang. Kredit: Tempo

Alumni SMA Negeri 4 Denpasar ini mengungkapkan bahwa selama kegiatan itu, ia memperoleh sejumlah topik perkuliahan serta dilibatkan pada proyek penelitian bersama peneliti CERN. Di CERN ia mendalami Data Acquisition, Computing Platforms, Data Storage Architectures, Compute Provisioning and Management, Networks and Communication dan Data Analytics.

Hebatnya saat ini Sanadhi sedang mengejar gelar master di Swiss Federal Institute of Technology in Lausanne (EPFL) jurusan Computer Science. Sebuah universitas terbaik tahun 2016-2017 (QS World University Ranking) dan peringkat pertama dari World’s Young University Rangkings (Times Higher Education).

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *