Erikka Ferdinata, Kontraktor yang Membangun Startup Teknologi

Erikka Ferdinata.

Untuk sebagian orang, mendirikan startup identik dengan lulusan IT, padahal, untuk mendirikan sebuah startup bisa berasal dari berbagai macam background. Mas Errika salah satunya, ia berkuliah di Arsitektur dan memiliki pengalaman sebagai kontraktor, lalu apa yang membuat Mas Errika memilih untuk mendirikan sebuah startup? Mari simak wawancara saya dengan Mas Erikka.

  1. Halo Mas Errika, boleh perkenalkan diri Mas Errika, semacam biodata singkat mungkin?

Nama saya Errika Ferdinata, lahir di Blora, 18 September 1979. Riwayat pendidikan saya di S1 Arsitektur ITS, S2 MM Stratejik Prasetiya Mulya

2. Kenapa sih memilih untuk menjalankan startup, boleh diceritakan awalnya?

Saya 15 tahun menjadi kontraktor berjalan cukup baik namun kurang bisa untuk scale, dan saya ingin menjalankan bisnis yang dapat scale dengan cepat. Karena itu saya mencoba membangun startup teknologi yang masih memiliki keterkaitan dengan background saya.

3. Nah untuk bildeco.com, ceritakan mengenai startup yang anda jalankan, mengapa memilih dibidang tersebut dan anda berperan sebagai apa disana?

Saya berpendidikan arsitektur dan memiliki pengalaman dan network selama 15 tahun menjadi kontraktor. Karena itu saya memilih menjalankan usaha e-commerce di bidang bahan bangunan. Saya di bildeco sebagai CEO

4. Apakah strategi bisnis itu hal yang utama dalam memipin sebuah startup?

Iya, karena dalam menjalankan usaha kita harus memiliki strategi

5. Business model di startup menurut Mas Errika, yang paling efektif itu apa?

Business model yang berfungsi sebagai problem solver, memiliki pasar yang besar dan memiliki tim yang baik untuk mengeksekusi startup tersebut.

6. Apakah model business dan revenue saat ini sudah bagus di perusahaan anda, boleh sharing tips untuk strategize the business?

Sudah, Saat ini di Bildeco kami membantu para kontraktor kecil menengah untuk mendapatkan barang-barang berkualitas dengan harga terbaik, karena jika anda kontraktor kecil menengah akan sulit mendapatkan harga terbaik dari produsen atau supplier karena skala proyek yang kecil. Dengan Bildeco, kontraktor kecil menengah akan mendapatkan harga sebaik kontraktor besar.

7. Kembali ke startup yang dijalankan Mas Errika, untuk sekarang sudah berapa karyawan yang bekerja di sana? Apasih kiat-kiatnya agar karyawan disana tetap produktif dan semangat dalam bekerja?

Untuk jumlah mohon maaf belum bisa saya share,untuk kiat: saya tidak membuat batasan di tim saya, semua personil bisa komplain/curhat/sumbang saran langsung kepada saya. Saya berusaha terbuka pada teman-teman di tim.

8. Dalam pengembangan produk, apakah terhitung cepat? Berapa lama, dan apa saja kendalanya dalam mengembangkan produk tersebut?

Saya membuat produk selama 3 bulan dari mulai februari 2017, dan saat ini sudah ada lebih dari 7000 produk di Bildeco

9. Menurut Mas Errika, seberapa penting produk anda dalam mendukung bisnis itu sendiri, bisa diceritakan?

Produk sangat penting karena berhubungan langsung dengan pengguna, karena itu kami selalu melakukan perbaikan secara terus menerus dengan produk kami.

10. Kalau sedang tidak bergelut dengan startup, Mas Errika mengisi waktu luang dengan melakukan kegiatan apa? Hobi, musik favorit, atau mungkin ada buku favorit yang Mas Errika suka.

Kalau waktu luang saya menghabiskan waktu bersama keluarga, karena keluarga adalah pendukung saya yang paling utama

11. Nah terakhir, ada pesan, dan tips and trick untuk mereka yang baru akan memulai sebuah startup?

Untuk memulai startup yang terpenting adalah passion, karena akan dikerjakan terus menerus dan dalam waktu yang cukup lama, kemudian pahami betul industri yang berkaitan dengan produk, jadilah solusi dan pastikan marketnya benar-benar besar.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *