Ayah Bill Gates Berpulang di Usia 94 Tahun, Ini Kiprahnya

Rima Fidayani Rizki . September 16, 2020

Foto: The Economic Times

Teknologi.id - Kabar duka menyelimuti pendiri Microsoft, Bill Gates. Ayahnya, William Henry Gates II,  tutup usia pada hari Senin (14/9) di rumahnya dekat pantai Hood Canal, Amerika Serikat, dilansir dari Kompas, Kamis (17/9). Gates berpulang pada usia 94 tahun karena penyakit Alzheimer.

Baca Juga: 8 Aplikasi Scan Dokumen Terbaik di HP Android

"Ayah saya adalah Bill Gates yang sesungguhnya. Sejak dulu saya ingin seperti dia dan saya akan merindukannya setiap hari," ujar Bill Gates dalam cuitan melalui akun Twitter pribadinya, Selasa kemarin.

Berikut adalah kiprah Gates Sr. semasa ia hidup, dilansir dari IDN Times, Kamis (17/9).

1. Berkat dukungan sang ayah, Bill Gates dan istrinya membangun yayasan filantropi

Foto: Business Insider

Di balik pendirian yayasan oleh Bill Gates dan istrinya, Melinda, terdapat peranan penting dari sang ayah, dilansir dari The New York Times. Yayasan yang diberi nama Bill and Melinda Gates Foundation itu kini menjadi yayasan filantropi terbesar di seluruh dunia. 

"Ayah saya berpengaruh besar di dunia filantropi yang kami bangun. Sejak saya kecil, ia dan ibu selalu mengajarkan dengan mencontohkan langsung seperti apa sikap dermawan. Hal itu dimulai dari mengalokasikan waktu dan sumber daya yang mereka punya," tutur Bill dikutip dari India Times, Rabu (16/9).

2. Ayah Bill Gates turut menjadi ketua yayasan sejak tahun 2000

Foto: Gates Notes

Gates Sr. adalah seorang veteran Angkatan Darat dan mitra pendiri di sebuah firma hukum Seattle. Bill Gates bercerita bahwa ia sudah lama didesak untuk mendirikan yayasan.

Kemudian, di satu malam di musim gugur saat ingin menonton bersama di sebuah bioskop, ayah Bill Gates mendorong agar ia segera mewujudkan permintaan tersebut. William pun menjadi ketua bersama yayasan sejak tahun 2000 dan turut membina visi dan strategi arah yayasan.

3. William Henry Gates II ternyata seorang pengacara yang cakap

Foto: Seattle Times

Selain dikenal sebagai salah satu pendiri Microsoft, ayah Bill Gates ini juga seorang pengacara yang cakap dan, anggota tetap komunitas area Seattle, dikutip dari Business Insider, Rabu (16/9). Beliau ikut mendirikan firma hukum Preston Gates & Ellis, pendahulu dari firma hukum internasional K & L Gates.

Baca Juga: Lenovo Rilis Laptop Layar Ganda ThinkBook Plus di Indonesia

William juga ikut menjabat sebagai presiden untuk asosiasi bar county dan negara bagian, serta anggota aktif berbagai organisasi termasuk Kamar Dagang Greater Seattle dan United Way.

(rf)



author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya