Majunya Dunia Teknologi, Berikut Tips Berkarir di Dalamnya

Nurul Afifah . March 25, 2022



Foto: pxhere


Teknologi id – Di Indonesia, perkembangan teknologi sudah cukup tinggi. Bahkan sekarang dunia kerja pun turut berkembang dengan adanya teknologi. 


Perlunya dorongan dari talenta muda agar lebih melek teknologi dengan tepat juga dibutuhkan bangsa ini. Apalagi jika memiliki keinginan berkarir di industri yang dikeliling serba teknologi.


Berikut ini tips agar kita mampu bertahan di dunia kerja yang serba teknologi yang dikutip dari uzone:

  1. Pelajari keterampilan dasar

Salah satu keterampilan penting yang pertama adalah memahami kebutuhan para pengguna atau pelanggannya. Jika kita dapat menempatkan diri sendiri pada posisi pengguna, kita dapat dengan mudah membantu kita menciptakan produk yang relevan, yang dibutuhkan dengan para pengguna kita nantinya

  1. Perluas pengetahuan

Inovasi seringkali datang ketika kita bisa mengkombinasikan keahlian dan pengetahuan yang dimiliki salah satunya adalah dengan membaca. Literasi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Tidak hanya lewat buku, tetapi bisa melalui koran, majalah dan jurnal. Dengan majunya teknologi pun banyak buku online yang bisa diakses secara gratis.


Baca juga: Ingin Bekerja di Bidang Teknologi? Ini Tips Anti Gagal Untuk Kamu


Selain dengan membaca miliki rasa berani untuk bertanya, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga menyusun daftar mengenai kemampuan, pengetahuan, dan target yang ingin dicapai.

  1. Lihai berkolaborasi

Keterampilan berkolaborasi sangat penting juga. Dengan perkembangan dunia teknologi yang serba cepat, kerja sama antar tim jadi kunci untuk menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen.


Saat mengembangkan sebuah produk, ada banyak pihak yang akan terlibat.


Dengan memiliki keterampilan berkolaborasi, kita dapat bekerja sama serta membuat keputusan yang saling menguntungkan dan menghasilkan produk yang menjawab kebutuhan konsumen.

  1. Pandai berkomunikasi

Selayaknya di industri mana pun, komunikasi pun juga sangat penting. Tidak hanya dalam mengungkapkan gagasan atau opini, namun juga dalam mendengarkan orang lain. Contohnya jika kita sebagai manajer produk, desainer produk maupun periset, kemampuan berkomunikasi menjadi keahlian yang harus dimiliki.


Baca juga: Dorong Karirmu Melalui LinkedIn dengan Cara-Cara Berikut


Bahkan disebutkan keterampilan berkomunikasi sesuai dengan target audiens sangat penting agar dapat menyampaikan ide-ide kita sehingga orang lain dapat memahaminya dan ide-ide tersebut bisa menjadi realita.

  1. Bergabung dengan komunitas 

Para pelajar dapat mengasah keterampilannya melalui berbagai kegiatan seperti kursus, magang, kompetisi, lokakarya, bergabung dengan komunitas dan ikut pelatihan agar dapat memahami konteks dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja serta pengaplikasiannya.

Peran pemerintah

Selain dari tips di atas, pemerintah juga turut serta dalam mendorong talenta muda ini dalam berkarir di dunia teknologi. Bersama Kominfo, baru - baru ini Tokopedia menggelar acara yang bertajuk “Tokopedia NextGen”


Dalam acara tersebut yang bertema ‘Serba Serbi Dunia Manajemen Produk dan Desain Produk’, melalui para ahlinya, Tokopedia membagikan tips berkarir di dunia teknologi khususnya di bidang pengembangan dan desain produk.


Baca juga: Alasan Mengapa Fresh Graduate Cocok Memulai Karir di Startup


Tokopedia NextGen sendiri merupakan kegiatan sebagai inkubator bagi pelajar Indonesia untuk belajar, berbagi, dan berkolaborasi guna mempercepat transformasi digital Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberdayakan siswa agar lebih memahami dunia digital dan semua kemungkinan peluang di luarnya.


Tidak sedikit pula keuntungan yang di dapat dari mengikuti kegiatan ini yang diselenggarakan hari Kamis lalu, 17 Maret 2022. Keuntungan yang didapat yaitu:

  • Berbagi Pengetahuan: Mendapat kesempatan untuk belajar dengan individu yang berpikiran sama di industri teknologi. 

  • Berkolaborasi Bersama untuk Transformasi Digital Indonesia.

  • Menjadi Agent of Change yang akan Hasilkan menghasilkan wawasan, pelajari sesuatu yang baru, dan berkontribusi kembali


Kegiatan tersebut disambut dengan pembukaan oleh Dedy Permadi, PhD, Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SDM / Juru Bicara Kementerian Kominfo. Dengan di moderator Candini Candanila, hadir pula 4 pembicara, yaitu Michael Kendro, Senior UX Researcher di Tokopedia; Priscilla Rasmana, Lead Product Manager di Tokopedia; Adze Ganesha, Product Design Lead di Tokopedia; dan Iradat Wirid, Community Outreach, Publications & Social Media Manager di The Center for Digital Society.


Kegiatan ini dapat dilihat ulang pada laman website Tokopedia Academy.


(na)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar