WHO Umumkan 'COVID-19' Sebagai Nama Resmi Virus Corona

Teknologi.id . February 12, 2020

COVID19
Foto: The Economic Times

Teknologi.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Selasa (11/2/2020) mengumumkan nama resmi untuk wabah virus corona, yaitu Covid-19.

"Saat ini, kami mengumumkan nama baru untuk penyakit ini, dan itu adalah Covid-19," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada awak media dalam konferensi ilmiah internasional yang berlangsung di Jenewa, Swiss seperti dikutip dari Channel News Asia pada Rabu (12/2/2020).

Baca juga: [12 Februari] 28 Negara Ini Telah Terjangkit Virus Corona, Indonesia Negatif

Tedros menjelaskan, Covid-19 merupakan singkatan dari "co" yang merujuk pada corona, kemudian "vi" adalah virus, "d" adalah disease (penyakit), dan 2019 adalah tahun saat wabah itu pertama kali muncul.

Dia mengatakan, pemberian nama baru virus corona dilakukan untuk menghindari adanya stigmatisasi terkait dengan lokasi spesifik, spesies binatang, maupun suku dan bangsa.

Sebelumnya, WHO memberikan nama sementara penyakit tersebut sebagai "penyakit pernapasan akut parah 2019-nCov", diambil dari novel coronavirus. 

Sementara China, negara tempat wabah itu pertama kali dilaporkan, memberikannya nama "pneumonia coronavirus baru" atau disingkat NCP.

Baca juga: Indonesia Masih Negatif Virus Corona, WHO: Kami Khawatir

Selain mengumumkan perubahan nama, dalam kesempatan itu Tedros juga mengatakan bahwa saat ini virus corona telah menjadi "ancaman yang sangat serius" bagi dunia.

Namun ia mengatakan ada "peluang realistis" untuk menghentikannya. "Jika kita berinvestasi sekarang ... kita memiliki peluang yang realistis untuk menghentikan wabah ini." Kata Tedros.

WHO mengadakan konferensi sains internasional untuk mendiskusikan opsi vaksin guna menangkal Covid-19 bersama 400-an ilmuwan di Jenewa, Swiss, Selasa.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar