Vaksin Virus Corona 'Segera dalam Genggaman' Indonesia

Rima Fidayani Rizki . August 24, 2020

Foto: ABC

Teknologi.id - Indonesia semakin gencar dalam mengusahakan pengadaan vaksin virus corona. Baru-baru ini, melalui perjanjian awal (preliminary agreement) antara Bio Farma dan Sinovac Biotech China yang disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Indonesia mengamankan komitmen pengadaan 40 juta dosis vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac.

Baca Juga: Mutasi Virus Corona yang Paling Menular Ditemukan di Malaysia

Diperkirakan jumlah dosis vaksin tersebut akan meningkat hingga total 290 juta dosis jika ditambah dengan kapasitas produksi vaksin milik Bio Farma yang mencapai 250 juta vaksin dalam setahun. Namun, jumlah vaksin tersebut belum cukup untuk menjangkau seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 268 juta jiwa.

Untuk menutupi kekurangan jumlah vaksin tersebut, saat ini pemerintah melalui Kementerian BUMN tengah menjalin kerja sama dengan perusahaan pengembang vaksin asal China lainnya, yaitu Sinopharm dan CanSino Biologics. Selain itu, terdapat pula kandidat vaksin yang dikembangkan di dalam negeri oleh institusi riset kenamaan dalam negeri, LBM Eijkman, berupa protein rekombinan yang dinamai vaksin merah putih. 

Dari pihak swasta, terdapat PT Kalbe Farma, Tbk. (KLBF) yang tergabung dalam konsorsium Genexiene juga ikut berpartisipasi dalam pengembangan vaksin DNA yang dinamakan GX-19 melalui kerjasama dengan perusahaan asal Korea dan institusi riset lainnya. 

Baca Juga: Gawat! Iklan Vaksin COVID-19 Dijual Seharga Rp 1 Juta Tersebar Lewat WeChat

Meskipun hasil uji klinis tahap awal kandidat vaksin Sinovac, CoronaVac, memperlihatkan adanya kemampuan vaksin tersebut untuk menginduksi pembentukan antibodi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, perlu diingat bahwa untuk dapat menentukan efektivitas vaksin diperlukan hasil uji klinis tahap akhir yang jumlah sampelnya lebih banyak dan memakan waktu yang lama. 

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar