Unik, Peneliti Bikin Alat Pendeteksi Kesehatan dengan Menggunakan Pensil

Indah Mutia Ayudita . July 14, 2020

Ilustrasi alat deteksi kesehatan dengan menggunakan pensil. Foto:University of Missouri

Teknologi.id - Melihat dari perkembangan teknologi yang ditemukan oleh manusia, pensil kemungkinan berada diurutan teratas. Selama berabad-abad, pensil digunakan untuk merekam pikiran dan ide yang bisa dibaca orang lain.

Tim peneliti di Missouri merilis penelitiannya yang merincikan bagaimana mereka mengembangkan alat pemantauan bioelektrik sehingga bisa digunakan untuk mendeteksi kesehatan pengguna dengan menggunakan pensil.

Baca juga: WHO: Ada Bukti Virus Corona Dapat Menyebar di Udara

Pensil tersebut memiliki inti lebih dari 90 persen grafit dengan energi yang cukup besar dan digunakan untuk menulis di atas kertas. Grafit ini berfungsi sebagai elektroda yang sensitif dan bisa mengindra, sementara kertas menjadi struktur pendukung yang fleksibel.

Kesimpulan penelitian ini menyebutkan pensil dengan grafit sebesar 93% bekerja paling baik. Tim peneliti juga ingin mengembangkan penelitiannya untuk memonitor suhu tubuh dan kadar glukosa.

Sensor pada pensil ini bisa bekerja secara real-time dan menyediakan data yang akurat dengan harga yang murah dan bahan yang mudah didapatkan.

Baca juga: NASA Ciptakan Parfum Beraroma Luar Angkasa

Para peneliti juga memprediksi orang-orang akan menggunakan teknologi untuk pendapatkan perawatan rumah yang dipersonalisasi. Hal ini juga membantu perawatan jarak jauh, terutama pada masa krisis seperti pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung sekarang.

(im)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler