Turis China Positif Corona Setelah Berlibur di Bali, Begini Tanggapan Kemenkes

Teknologi.id . February 13, 2020
corona bali
Foto: The Jakarta Post

Teknologi.id - Seorang turis asal China diberitakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) setelah mengunjungi Bali akhir Januari lalu.

Warga negara China yang bernama Jin itu dikabarkan terbang menggunakan maskapai Lion Air JT2618 dari Wuhan ke Bali pada 22 Januari 2020 dan berlibur selama sepekan sebelum kembali ke Shanghai pada 28 Januari menggunakan maskapai Garuda Indonesia. 

Sekembalinya dari Bali, tepatnya tanggal 5 Februari 2020, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Kota Huainan, Provinsi Anhui menyatakan bahwa Jin positif terinfeksi virus Corona.

Informasi ini kemudian dimuat dalam unggahan akun resmi administrasi Anhui di sosial media Weibo pada Kamis (6/2/2020). 

Baca juga: Indonesia Masih Negatif Virus Corona, WHO: Kami Khawatir

Menanggapi kabar tersebut, Anung Sugihantono selaku Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, saat dimintai keterangan menyatakan bahwa hingga sekarang, Kemenkes belum mendapat konfirmasi dari The National IHR Focal Points (NFP) China terkait persoalan ini. 

"Secara formal NFP IHR China belum menotifikasi," kata Anung seperti dikutip dari Kompas, Kamis (13/2). 

Anung menambahkan, secara prosedur, bila ada orang yang suspect atau hanya terduga terinfeksi Covid-19, dengan faktor risiko perjalanan dari dan ke Wuhan, akan ada komunikasi atau laporan antar-negara secara resmi.

"Kalau benar yang memberitahu antar-negara adalah NFP IHR-nya, bukan media," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Ketut Suarjaya menduga warga negara China tersebut tidak terinfeksi di Bali karena dia kembali sembilan hari sebelum terpapar Corona.

Baca juga: Viral Gagalnya Penculikan Berkat Emergency Button Grab, Begini Cara Menggunakannya

"Bisa saja dia saat sudah di sana (China) baru terpapar. Kalau dirunut dia kan kembali sembilan hari sebelum terpapar Corona," katanya dikutip dari CNN Kamis (13/2).

Menurut Suarjaya, warga negara China tersebut sudah melewati masa inkubasi dan selama di Bali dinyatakan negatif Corona.

"Karena itu kan sudah melewati masa inkubasi, kan sudah 8 hari meninggalkan Bali, artinya dia kena di sana. Masa inkubasi kan 2 sampai 7 hari kalau dari sisi teorinya nggak mungkinlah dia kena di Bali. Karena di Bali kan negatif," ujarnya.

Hingga hari ini sesuai data resmi dari Kementerian Kesehatan RI, belum ditemukan pasien, baik itu warga negara asing dan warga negara Indonesia, yang positif terinfeksi Covid-19 di Indonesia.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya