Teknologi Belum Sanggup Menantang Jalan Bersalju

Teknologi Belum Sanggup Menantang Jalan Bersalju
Kecelakaan karena Jalan Bersalju

Teknologi.id – Sekalipun teknologi kendaraan kini sudah mutakhir, namun ada satu hal yang pasti. Semua jenis kendaraan darat tidak ada satu pun yang sanggup menantang musim dingin. Mobil akan membeku, dan lebih buruknya lagi kerugian akibat musim dingin selalu tertinggi dibandingkan musim lain. Jalan bersalju adalah salah satu penyebab angka kecelakaan lalu lintas selalu tertinggi di negara empat musim ini.

Mobil sport termahal dan berteknologi tinggi pun tidak ada yang sanggup ngebut saat musim dingin. Belum adanya teknologi mumpuni untuk menghadapi musim dingin membuat desainer mobil harus berpikir keras.

Baca juga: Metode Baru untuk Mencairkan Es Tanpa Listrik ataupun Bahan Kimia

Kenapa teknologi saat ini memang belum efektif untuk jalan bersalju?

Ada sains di balik jalan bersalju

Jalan bersalju membuat aspal menjadi dilapisi es. Konsekuensinya adalah gaya gesek antara mobil kita dengan aspal akan mengecil. Untuk menangkalnya, kita sudah menggunakan rantai pada ban namun hasilnya juga kurang efektif. Truk semi sekalipun menggunakan rantai, masih tetap saja terjadi kecelakaan karena hilangnya gaya gesek.

Di Indonesia mungkin kecelakaan di turunan atau tanjakan itu hal kecil, namun di luar negeri kecelakaan di sana memang tercatat paling banyak terjadi di musim dingin. Sekalipun sudah dibersihkan dengan bulldozer, tetap saja terjadi kecelakaan. Oleh karena itu, kereta api menjadi sarana transportasi publik terbaik di musim dingin.

Tidak Berani Menggunakan kendaraan saat musim dingin

Sekalipun kamu menggunakan mobil sport, kamu pasti tidak bisa apa-apa kalau berani menggeber kendaraan di jalan bersalju. Pasalnya asuransi juga mungkin enggak mau cover kecelakaan kalo terjadi saat musim dingin karena cuaca. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang enggak berani menggeber mobil mereka saat musim dingin. Kalo ya pun, paling mereka hanya melakukan pemanasan biasa atau keliling sebentar untuk mencegah mesinnya membeku.

Apalagi tidak adanya ban khusus musim dingin juga menjadi salah satu faktor kenapa teknologi kendaraan saat ini memang belum bisa menandingi musim dingin.

Tantangan kendaraan ke depannya

Baca juga: Inilah 5 Penyebab Umum Kecelakaan di Dunia Penerbangan

Para desainer dan ilmuwan mungkin juga harus membuat kendaraan yang bisa menjelajahi jalan bersalju. Mungkin saja snowmobile dan ATV (All Terrain Vehicle) bisa menjadi salah satu referensi untuk membuat kendaraan yang bisa menjajal jalan bersalju. Bisa saja solusi lainnya adalah mereka menciptakan ban yang cocok untuk musim dingin, asalkan bannya bukan model snowmobile atau tank.

Sekalipun kita sudah maju dan akan masuk ke era mobil elektrik, jalanan bersalju tetap menjadi tantangan yang harus diselesaikan oleh semua perusahaan otomotif. Tidak ada artinya kalau seyahud apapun teknologi kita, namun jalanan bersalju tetap terbukti “kebal teknologi” dengan kecelakaan karena jalanan licin.

(AMS)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *