Susul AS, Rusia Ikut Siapkan Misi ke Bulan 2021

Alda Yuriska . August 10, 2020

Foto: Space

Teknologi.id - Usai sebelumnya AS diklaim akan menyiapkan misi ke Bulan, kini saatnya negeri Beruang Merah, Rusia yang dikabarkan tengah bersiap untuk memulai misi ke Bulan pada 2021 mendatang dengan meluncurkan pesawat luar angkasa Luna-25. 

Program misi ke Bulan Rusia ini dilaporkan merupakan implementasi atas permintaan Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia dan merupakan bagian dari Program Luar Angkasa Federal 2016-2025 yang dicanangkan oleh Badan Antariksa Federal Rusia, Roscosmos.

Baca Juga: Video Pendaratan Pertama di Bulan Dipercantik dengan AI, Begini Jadinya

Tak tanggung-tanggung, untuk mendukung misi ini, Roscosmos juga dilaporkan menanggung biaya operasional yang terhitung 2016-2025

Dilansir dari Space (10/08/2020), dalam menjalankan misi ini, Roscosmos akan meluncurkan pesawat luar angkasa Luna-25 yang bertugas untuk mengangkut sampel Bulan untuk dibawa ke Bumi.

Di dalam wahana antariksa ini, terdapat sembilan instrumen yang mana delapan di antaranya milik Rusia, sedangkan satunya lagi dikembangkan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA) yang berupa sebuah sistem navigasi yang dinamakan Pilot-D. 

Baca Juga: Postingan Donald Trump Ramai Komentar, Anggap Dirinya Penyelamat NASA

Sebelumnya, misi ke Bulan Rusia sendiri diketahui terakhir kalinya dilakukan di era Uni Soviet dengan meluncurkan Luna-24 pada 1976 silam.

Sedangkan untuk Luna-25 nantinya, pihak terkait mengharapkan bahwa wahana antariksa nya ini dapat mengangkasa pada Oktober 2021 mendatang. 

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya