Sering Takut Ketinggalan Sesuatu? Hati-Hati Kena FOMO!

Adhima Ratnaningtyas . June 09, 2022

Foto: Your Health Matters

Teknologi.id - Perkembangan teknologi tidak selalu membawa dampak positif, tapi juga dampak negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah munculnya rasa takut ketika kita ketinggalan sesuatu atau merasa tertinggal dari orang lain yang ada di internet. Pernah atau bahkan sering merasakannya? Hati-hati, bisa jadi kamu kena FOMO!

FOMO adalah kependekan dari Fear of Missing Out. FOMO sendiri pertama kali digunakan dalam dokumen penelitian oleh Dr. Dan Herman pada 1996 untuk membahas strategi marketing. Dulu, istilah ini digunakan untuk menyebut orang yang takut ketinggalan tren pasar.

Namun, seiring berkembangnya waktu apalagi sosial media, istilah FOMO kini digunakan untuk orang-orang yang takut dirinya menjadi tertinggal atau ketinggalan sesuatu yang sedang happening di sosmed, seperti berita, gosip, trend, dan lain sebagainya.

Meskipun terdengar sepele, FOMO sendiri bisa dikaitkan dengan kesehatan mental kita dimana kita selalu merasa orang lain lebih update dan lebih tahu banyak hal daripada kita. Selain memicu stress dan kehidupan menjadi tidak tenang, FOMO juga bisa mengarah ke hal berbahaya. Menurut penelitian dari Computers and Human Behavior, FOMO dapat menyebabkan ketergangguan dalam menyetir, sehingga dapat mengarah ke kecelakaan yang dapat berakibat fatal, bahkan kematian.

Tanda-tanda orang yang terkena FOMO adalah selalu mengecek sosmed, merasa tidak tenang jika jauh dari kehidupan mayanya, selalu ingin tahu kehidupan orang lain, selalu mengiyakan setiap ajakan, selalu ingin tahu berita dan gosip terbaru, dan dapat menghabiskan banyak uang hanya untuk mengikuti tren yang sedang hangat.

Foto: Verywell Mind

Meskipun kamu merasa dirimu terkena FOMO, jangan takut! Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menanggulanginya. Caranya adalah dengan fokus dan menghargai diri sendiri, mencari koneksi di kehidupan nyata, dan yang paling penting adalah mengurangi dan membatasi  penggunaan media sosial. 

Baca juga: Kata Ilmuwan, Venus Adalah Planet yang Kena Azab! Kenapa?

Oleh karena itu, meski bermain sosial media terlihat menyenangkan, hati-hati juga akan dampaknya, ya. Jangan sampai kamu terkena FOMO!

(AR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar