Sebentar Lagi Rusia akan Punya Vaksin COVID-19 Kedua

Rima Fidayani Rizki . August 27, 2020

Foto: Firstpost

Teknologi.id - Setelah Sputnik V, Rusia dikabarkan akan memiliki vaksin kedua yang diprediksikan akan siap pada September mendatang. Hal ini diumumkan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Akan ada vaksin lagi di bulan September. Vaksin itu dikembangkan oleh Institut Vector yang terkenal di Novosibirsk," kata Putin, dilansir dari Sputnik News, Kamis (27/8).

Baca Juga: Tertarik Miliki Lampu UV-C untuk Disinfektan? Jangan Lupa Teliti Sebelum Membeli!

Putin juga menambahkan, vaksin pertama COVID-19 buatan Rusia, Sputnik V, dengan vaksin kedua ini akan sama ampuhnya. Pernyataan Putin ini muncul hanya berselang beberapa hari setelah lembaga pemantau perlindungan konsumen, Rospotrebnadzor, mengungkapkan bahwa Institut Vector akan segera merampungkan uji klinis vaksin COVID-19 pada September. 

Baca Juga: Canggih! Kamera Ponsel Bisa Digunakan untuk Deteksi Diabetes

Sebelumnya, vaksin Sputnik V yang dikembangkan oleh Institut Penelitian Epidemiologi dan Mikrobiologi Gamaleya sudah didaftarkan pada 11 Agustus. Sputnik V telah diujicobakan kepada 76 sukarelawan dari dua institusi, Universitas Sechenov di Moskow dan Rumah Sakit Militer Burdenko. Uji coba vaksin ketiganya kini melibatkan kurang lebih 2.000 sukarelawan.

(rf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar