Proyek Kontroversi Transplantasi Kepala Mungkinkah Terjadi Tahun Ini?

Foto: Pixabay

Sebuah proyek medis kontroversial menggegerkan dunia kedokteran pada pertengahan 2017 lalu. Proyek yang di gagas oleh Sergio Canavero, seorang profesor asal Italia adalah memindahkan kepala manusia pada tubuh yang berbeda dan keduanya tetap hidup.

Banyak pihak yang menentang dan menyangsikan kesuksesan proyek ini, salah satunya Arthur Caplan, kepala divisi School of Medicine dari New York University. Caplan berkata bahwa transplantasi kepala tak lebih dari sekedar berita palsu.

Meskipun begitu, Canavero tetap yakin akan keberhasilan proyeknya yang mencapai 90 persen karena sudah didukung oleh teknologi mutakhir. Selain itu, pada November tahun lalu ia mengumumkan berhasil memindahkan kepala dari jenazah sebagai langkah terakhir sebelum melakukan transplantasi kepala pada manusia hidup.

Valery Spiridonov, disebut-sebut sebagai teknisi komputer asal Rusia yang menawarkan diri menjadi relawan dalam proyek kontroversial ini. Meskipun begitu, tidak ada kejelasan lebih lanjut mengenai proyek ini hingga sekarang. Proyek ini dikabarkan akan dilaksanakan di China berhubung Amerika Serikat dan Eropa tidak mengizinkan proyek itu dilakukan di wilayahnya.

Sumber berita terbaru dari Geek Exchange pada 14 Januari 2018 mengatakan, pembedahan tersebut diundur ke tahun ini, namun tidak ada keterangan detail lebih lanjut. Meski begitu, tim dokter China yang bekerjasama dengan Canavero mengungkap segala persiapannya sudah matang.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *