Mengapa Spinosaurus adalah Predator Terbesar yang Pernah Ada?

Mengapa Spinosaurus adalah Predator Terbesar yang Pernah Ada?Teknologi.id – Selama ini kita beranggapan bahwa T-Rex adalah dinosaurus predator terbesar yang pernah ada. Ukuran tubuh dan keganasannya membuat orang-orang beranggapan bahwa T-Rex adalah dinosaurus karnivora terganas yang pernah ada. Apalagi dengan adanya film The Jurassic Park semakin menambah keyakinan kita.

Tapi ternyata, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Tahukah kamu bahwa ternyata Keganasan T-Rex ini masih ada yang menyainginya? Dinosaurus predator terbesar yang menjadi saingan T-Rex ini bernama Spinosaurus.

Spinosaurus merupakan dinosaurus terbesar dari anggota Spinosaurida. Dilihat dari ukuran kerangka yang ditemukan, peneliti membuktikan bahwa Spinosaurus lebih besar daripada Tyrannosaurus Rex atau T-Rex.

Bedanya, T-Rex hidup di daratan sedangkan Spinosaurus lebih banyak menghabiskan waktunya di air. Berikut ulasan lengkap mengenai predator terbesar yang pernah ada ini.

Baca juga: Penemuan Fosil Berbulu, Apakah Ini Bagian Dari Pterosaurus?

Dinosaurus Predator Terbesar yang Pernah Ada

Kerangka dua spesies Spinosaurus telah ditemukan di dua tempat yang berbeda dan diberi nama menurut tempat penemuannya: Spinosaurus aegyptiacus ditemukan di Mesir dan Spinosaurus maroccanus ditemukan di Maroko. Dari ukuran kerangkanya, bisa diperkirakan bahwa ukuran dinosaurus ini sekitar 16 – 18 meter.

Spinosaurus berarti “kadal duri” karena dinosaurus ini memiliki duri panjang di punggungnya yang berbentuk “layar”. Tingginya bisa mencapai lebih dari 5 meter bila layarnya dikembangkan dan mempunyai bobot tubuh mencapai 7 ton.

Ini membuktikan Spinosaurus adalah dinosaurus predator terbesar yang pernah ada. Dibandingkan dengan Spinosaurus, ukuran T-Rex tidak ada apa-apanya. T-Rex hanya memiliki ukuran sepanjang 12 meter dengan tinggi 3 meter saja.

Anatomi Tubuhnya Gabungan dari T-Rex, Bebek, dan Buaya

Selain ukurannya yang luar biasa besar, anatomi tubuhnya pun cukup unik. Dikatakan mirip T-Rex karena sama-sama mempunyai dua kaki kecil di depan yang terdiri dari tiga jari dengan kuku tajam di setiap jarinya.

Ditambah ukuran tubuhnya yang besar membuat Spinosaurus menjadi predator terbesar yang ditakuti karena keganasannya.

Kaki Spinosaurus dilengkapi dengan selaput mirip kaki bebek yang memudahkannya berenang di air yang merupakan habitatnya. Spinosaurus juga mempunyai lubang hidung yang terletak di dekat mata supaya bisa bernapas di permukaan air seperti buaya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri dari Serangan Buaya?

Fungsi pada Layar

Keunikan lain dari Spinosaurus terdapat pada layarnya. Layar ini terletak pada punggung yang merupakan tulang belakangnya. Banyak perdebatan terhadap fungsi layar di punggung Spinosaurus.

Kemungkinan layar ini digunakan untuk menakut-nakuti musuh karena Spinosaurus akan terlihat 2 kali lebih besar saat layarnya dikembangkan. Ada juga yang berpendapat bahwa layar ini berfungsi sebagai hiasan untuk menarik calon pasangan.

Makanan Spinosaurus

Menurut para ahli, moncong Spinosaurus yang berbentuk corong ini digunakannya untuk menangkap ikan. Moncong ini memiliki rahang yang kuat, namun giginya tidak bergerigi sehingga mereka sulit merobek mangsa. Menjadikannya sebagai predator paling atas di rantai makan.

Kemungkinan besar mereka bertahan hidup dengan memakan ikan, bangkai dinosaurus lain, bahkan sesama spesiesnya. Ternyata selain predator terbesar, dia juga kanibal ya.

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *