Planet Baru Ditemukan di Sekitar Bintang Terdekat Matahari Kita

Yusrizal Azwar . February 14, 2022

Kita mungkin memiliki tetangga planet baru yang mengorbit berjarak hanya empat tahun cahaya.

Planet Baru Proxima c
Sumber: CTV News

Teknologi.id - Para astronom telah mendeteksi bukti planet ketiga yang mengorbit Proxima Centauri, tetangga bintang terdekat matahari kita, sekitar 40 triliun kilometer jauhnya.

Satu tahun cahaya, jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun dalam ruang hampa, setara dengan sekitar 9,5 triliun kilometer

Dengan massa sekitar seperempat dari Bumi, objek berbatu ini adalah salah satu exoplanet paling ringan yang pernah ditemukan. Sebuah studi merinci penemuan yang diterbitkan hari Kamis pekan lalu di jurnal Astronomy & Astrophysics.

Bintang katai merah kecil dan redup ini hanya memiliki seperdelapan massa matahari dan sudah menjadi rumah bagi satu planet seukuran Bumi yang dikonfirmasi dan mungkin kandidat planet kedua yang lebih jauh.

Baca Juga: Intel Ciptakan Chip Crypto Hemat Energi

Kondisi Memungkinkan Layak Huni

Planet terbaru yang terdeteksi, disebut Proxima d, menyelesaikan satu orbit mengelilingi bintang setiap lima hari Bumi. Jaraknya hanya sekitar 4 juta kilometer dari bintang, yang kurang dari sepersepuluh jarak antara Merkurius dan matahari di tata surya kita. Sebagai planet terdekat dengan matahari, Merkurius menyelesaikan orbit di sekitarnya setiap 88 hari.

Planet pertama yang ditemukan dalam sistem, Proxima b, dikonfirmasi pada tahun 2020. Ini seukuran Bumi dan mengorbit bintangnya setiap 11 hari. Itu ada dalam zona layak huni, atau jarak dari bintang di mana kondisinya tepat untuk air cair, salah satu bahan utama kehidupan seperti yang kita kenal, ada di permukaan planet.

Tak seperti tetangganya, Proxima d terlalu dekat dengan bintang untuk berada di zona layak huni, dan Proxima c, terlalu jauh karena butuh waktu 5 tahun untuk mengorbit bintangnya.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa tetangga bintang terdekat kita tampaknya dikemas dengan dunia baru yang menarik menurut jangkauan studi lebih lanjut dan eksplorasi masa depan," kata penulis utama studi João Faria, seorang peneliti di Institut Astrofisika dan Ilmu Antariksa di Portugal, dalam sebuah pernyataannya.

Para astronom menemukan Proxima d saat menggunakan European Southern Observatory's Very Large Telescope di Chili. Teleskop dan instrumen observatorium itu telah digunakan untuk menemukan dan mengkonfirmasi penemuan planet masa lalu dalam sistem Proxima Centauri.

Selama pengamatan lanjutan baru-baru ini dari sistem, para astronom mendeteksi sinyal lemah dari objek dengan orbit cepat di sekitar bintang.

Pengamatan lebih lanjut dilakukan menggunakan instrumen Echelle Spectrograph yang sangat sensitif terhadap Rocky Exoplanets and Stable Spectroscopic Observations, yang dikenal sebagai ESPRESSO, pada Very Large Telescope.

Data menunjukkan bahwa ada kemungkinan planet hadir dan tarikan gravitasinya menarik bintang, bukan perubahan bintang.

"Setelah mendapatkan pengamatan baru, kami dapat mengkonfirmasi sinyal ini sebagai kandidat planet baru," kata Faria. "Saya senang dengan tantangan mendeteksi sinyal sekecil itu dan, dengan melakukan itu, menemukan sebuah planet ekstrasurya yang begitu dekat dengan Bumi."

Pengamatan calon planet di masa depan dapat mengkonfirmasi bahwa Proxima d memang dunia ketiga yang diketahui mengorbit bintang ini.

Metode Untuk Mengidentifikasi Planet Seperti Bumi

Eksoplanet di sekitar Proxima Centauri telah ditemukan menggunakan metode kecepatan radial tidak langsung, ketika gravitasi objek yang mengorbit menarik bintang dan menyebabkannya sedikit bergoyang, daripada mengamati penurunan cahaya bintang saat planet melintas di depan bintang, yang disebut metode transit . Tetapi ini adalah pertama kalinya metode kecepatan radial digunakan untuk menemukan planet yang begitu ringan.

"Pencapaian ini sangat penting," kata Pedro Figueira, ilmuwan instrumen ESPRESSO, dalam sebuah pernyataan. "Ini menunjukkan bahwa teknik kecepatan radial memiliki potensi untuk mengungkap populasi planet ringan, seperti kita sendiri, yang diperkirakan paling melimpah di galaksi kita dan berpotensi menampung kehidupan seperti yang kita kenal."

(MYAF)