Persebaran Virus Corona Bisa Dipantau Lewat Peta Online Ini

Teknologi.id . January 24, 2020

Peta online penyebaran virus corona yang dibuat oleh Center for Systems Science and Engineering (CSSE) dari Departemen Teknik Sipil Universitas John Hopkins. Foto: systems.jhu.edu

Teknologi.id - Virus corona yang berasal dari Wuhan, China telah menyebar ke beberapa negara termasuk ASEAN. Tiga negara Asia Tenggara antara lain Singapura, Thailand, dan Vietnam mengonfirmasi kasus penyebaran corona virus.

Virus corona dari Wuhan sendiri merupakan jenis baru dari keluarga coronavirus yang secara resmi dinamai sebagai Novel Coronavirus (2019-nCoV) oleh WHO.

Kemunculan virus corona menimbulkan kekhawatiran karena penyebarannya diketahui begitu cepat. Selain itu, jenis virus ini dilaporkan tidak ada obatnya dan belum ada vaksinnya.

Baca juga: Segera Uninstall! 17 Aplikasi Ini Kuras Baterai Smartphone

Untuk membantu publik memantau penyebaran virus tersebut, Center for Systems Science and Engineering (CSSE) dari Univeritas Johns Hopkins, Maryland, Amerika membuat peta online yang bisa dicek secara real time.

"Kami membangun dasbor ini karena kami pikir penting bagi publik untuk mengetahui tentang situasi wabah karena terungkap dengan sumber data yang transparan," kata profesor teknik sipil dan co-direktur CSSE, Lauren Gardner dalam blog resmi, Jumat (24/1/2020).

"Data kasus yang divisualisasikan diambil dari berbagai sumber, termasuk WHO, CDC Amerika Serikat, CDC China (CCDC), NHC, dan Dingxiangyuan," tulis Lauren Gardner dari CSSE dalam sebuah posting blog berisi pengumuman soal peta ini.

Data di peta CSSE menunjukkan bahwa sudah ada 881 orang yang terjangkit virus corona dan 26 orang meninggal dunia, 

Baca juga: Ridwan Kamil Akan Buat Aplikasi Kesehatan Serupa Halodoc, Dilengkapi Bahasa Sunda

Saat ini yang terjangkit virus paling banyak berasal dari China yakni mencapai 868 orang. Lainnya menyebar di Thailand sebanyak 4 orang, Hong Kong 2 orang, Jepang 2 orang, Vietnam 2 orang, Macau 2 orang, Singapura 1 orang, Korea Selatan 1 orang, Taiwan 1 orang, dan Amerika 1 orang.

Peta penyebaran virus corona buatan CSSE dapat dilihat di tautan berikut ini. 

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar