Perkenalkan Penjaga Samudra Baru : Robot Ubur-Ubur

Kemala Putri . September 18, 2018
Kredit : worldgenetics.com Teknologi.id - Robot ubur-ubur baru bisa menjadi kunci untuk memantau dan merawat bagian-bagian rapuh lautan di dunia tanpa merusaknya. Robot-robot itu dikembangkan oleh tim ilmuwan AS, dari Florida Atlantic University (FAU) dan Kantor Penelitian Angkatan Laut AS. Mereka dirancang untuk dapat berenang dengan bebas, bergerak ke segala arah, dan berenang melalui celah sempit. Para peneliti memaparkan temuan mereka hari ini di jurnal Bioinspiration and Biomimetics . Penulis studi, Dr. Erik Engeberg, dari FAU, mengatakan: "Mempelajari dan memantau lingkungan yang rapuh, seperti terumbu karang, selalu menantang bagi para peneliti kelautan. Robot lunak memiliki potensi besar untuk membantu dengan ini. "Biomimetic soft robots berdasarkan ikan dan hewan laut lainnya telah mendapatkan popularitas di komunitas riset dalam beberapa tahun terakhir. Jellyfish adalah kandidat yang sangat baik karena mereka adalah perenang yang sangat efisien. "Kinerja propulsi mereka adalah karena bentuk tubuh mereka, yang dapat menghasilkan kombinasi vortex, jet propulsi, dayung, dan penggerak berbasis hisap." Para peneliti menggunakan bentuk ubur-ubur bulan (Aurelia aurita) dalam tahap larva dari siklus hidupnya. Sedangkan desain robot ubur-ubur sebelumnya menggunakan berbagai mekanisme propulsi yang berbeda, desain tim untuk ubur-ubur baru menggunakan jaringan hidrolik untuk propulsi. Dr. Engeberg berkata: "Aplikasi utama dari robot ini adalah mengeksplorasi dan memantau ekosistem yang halus, jadi kami memilih aktuator jaringan hidrolik yang lembut untuk mencegah kerusakan yang tidak disengaja. Selain itu, ubur-ubur hidup memiliki daya apung netral. Untuk meniru ini, kami menggunakan air untuk mengembangkan hidrolik."

Kredit : Simon Davies