Peneliti Ciptakan Lensa Elektronik yang Lebih Canggih dari Mata Manusia

lensa
Foto: news.harvard.edu

Teknologi.id – Para peneliti dari Harvard John A. Paulson School of Engineering and Applied Sciences berhasil menciptakan lensa mata elektronik yang diklaim memiliki lebih banyak fungsi dan bekerja lebih baik daripada mata manusia.

Kemampuan itu mungkin terjadi karena lensa ini dibuat secara artificial lebih compact dalam segi desain. Lensa tersebut mampu melakukan fokus secara real-time berkat adanya otot elastomer.

Baca juga: Ilmuwan Kembangkan Lensa Kontak yang Bisa Nge-zoom dengan Berkedip

Dilansir dari laman Engadget, Senin (26/8/2019), lensa ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki mata manusia, seperti menyesuaikan titik fokus (astigmatisma) dan mendeteksi pergeseran gambar. Dua hal inilah yang membuat penglihatan menjadi kabur. Astigmatisma adalah ketidakmampuan mata untuk menyesuaikan fokus benda pada retina.

Menurut Alan She, penulis jurnal penelitian, para peneliti menggabungkan teknologi otot buatan dengan metalens untuk menciptakan tunable metalens yang mampu mengubah fokus secara real-time, seperti mata manusia,

Baca juga: Software Ini Bisa Perbaiki Foto ‘Gepeng’ Akibat Lensa Ultra-Wide di Ponsel

Keberhasilan peneliti membuat lensa yang mirip manusia tak membuat peneliti cepat puas. Mereka akan melangkah lebih jauh untuk membangun kemampuan mengoreksi penyimpangan secara dinamis terkait penyimpangan, seperti astigmatisme dan pergeseran gambar.

Namun tampaknya masih butuh waktu lama hingga metalens ini sempurna dan bisa digunakan pada perangkat teknologi komersial. Meskipun demikian, kehadirannya menjanjikan potensi besar di masa depan.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending