Para Ilmuwan Menemukan Peniggalan Big Bang

Fikrinugraha . December 22, 2018

foto : cdn.allwallpaper.in
Bintang pertama di alam semesta sudah lama hilang, tetapi tanda tanda mereka mungkin masih berada di ruang angkasa, terkubur dalam awan gas seperti fosil ruang angkasa.Dan para ilmuwan percaya mereka telah menemukan satu. Para peneliti dari Swinburne University di Melbourne, Australia menghabiskan waktu mereka di Observatorium W. M. Keck, rumah bagi dua teleskop paling kuat di dunia, untuk melakukan penggalian arkeologi melalui ruang angkasa. Mereka menemukan "awan gas murni" di alam semesta yang jauh, yang tampaknya tidak tersentuh oleh unsur-unsur berat, yang menunjukkan bahwa itu mungkin "fosil peninggalan" Big Bang. Bagaimana Anda menemukan fosil peninggalan di angkasa? alam semesta telah ada sejak lama kurang lebih berusia sekitar 13,7 miliar tahun. Selama waktu itu, banyak bintang telah hidup dan mati. Bintang bintang itu  kadang bisa meledak, menjadi supernova. Ledakan besar ini memuntahkan banyak unsur-unsur berat (logam), sehingga umumnya ketika para ilmuwan melihat ke ruang angkasa, mereka sering menemukan awan gas yang keruh dengan material ini. Lebih dari 13,7 miliar tahun, banyak bintang telah meledak - jadi ada banyak sampah di awan. Untuk Memeriksa awan gas ini para ilmuwan mengumpulkan wawasan tentang beberapa peristiwa paling awal di alam semesta. Tim peneliti mengira mereka telah mengidentifikasi salah satu, yang hampir tidak tersentuh oleh unsur-unsur berat. "Keinginan kami sebenarnya adalah menemukan peninggalan dari bintang-bintang pertama di alam semesta," kata Profesor Michael Murphy, salah satu peneliti utama dalam penelitian ini. Awan gas yang merupakan peninggalan dari bintang-bintang pertama "hampir murni", menurut Murphy, sehingga masih akan ada sisa-sisa unsur berat yang terbuang di dalamnya. Tetapi fosil peninggalan yang mereka temukan tidak memiliki tingkat limbah yang dapat dideteksi - itu benar-benar bersih - menunjukkan itu berasal dari alam semesta awal dan telah disentuh selama 1,5 miliar tahun setelah Big Bang. "Penemuan ini (awan yang tampaknya murni) itu sangat penting," kata Murphy. "Kita perlu tahu apakah awan seperti itu dapat bertahan hingga milyaran tahun tanpa tercemar oleh beberapa generasi bintang.” Sebelum penemuan ini, hanya ada dua awan gas yang ditemukan - dan penemuan-penemuan itu sebagian besar tidak disengaja. Dengan secara aktif mencari awan gas dan menunjukkan bahwa mereka tidak rusak oleh unsur-unsur berat. "Sekarang kami telah membuktikan bahwa kami dapat secara sistematis menemukan fosil seperti itu, kami benar-benar memiliki kesempatan untuk mengetahui seberapa langka atau umum mereka," kata Murphy. "Itu penting untuk menguji pemahaman kita tentang bagaimana galaksi pertama terbentuk." Ini bukan pertama kalinya awan gas relik ini terbukti bermanfaat bagi para peneliti Swinburne. Pada tahun 2016, tim menemukan awan gas "hampir murni" menggunakan data dari Very Large Telescope di Chile. "Ini membuktikan bahwa untuk mencoba berburu awan ini - dan awan yang benar-benar murni seperti yang kita temukan sekarang - dengan cara yang ditargetkan adalah layak dan pada prinsipnya dapat mengidentifikasi tanda" senjata asap "dari bintang-bintang pertama," kata Murphy. Namun, mungkin ada penjelasan alternatif mengapa awan gas sangat bersih. Salah satu kemungkinan adalah bahwa awan tersebut tercemar oleh salah satu bintang pertama di alam semesta, hanya menyisakan jejak unsur berat, tidak terdeteksi oleh teleskop yang digunakan tim. Satu lagi adalah bahwa awan gas bergerak melalui galaksi untuk pertama kalinya, sehingga belum tercemar oleh bintang lainnya  saat itu. "Ini adalah kemungkinan yang menarik karena untuk memahami bagaimana gembung awan-awan 'makan' seperti itu adalah masalah utama dalam astrofisika," jelas Murphy. "Kami ingin menguji kemungkinan ini dengan memetakan galaksi apa pun di dekat awan di masa mendatang."   (FN)