Makin Banyak Pasien Virus Corona Sembuh, Apa Obatnya?

Teknologi.id . February 03, 2020

Pasien Virus Corona Sembuh

Foto: China Daily

Teknologi.id - Meskipun pasien yang meninggal makin meningkat dari hari ke hari, namun laporan terbaru ternyata pasien virus Corona sembuh juga semakin banyak. 

Hingga hari ini diberitakan pasien yang meninggal di seluruh China akibat virus itu telah mencapai 361 orang, sedangkan pasien yang sembuh justru lebih banyak, mencapai 475 orang dari total 17.205 orang yang terinfeksi.

Dilansir dari People's Daily China, bahkan, pada Sabtu (1/2/2020) lalu, 20 pasien yang dinyatakan sembuh di rumah sakit Wuhan sudah diperbolehkan pulang.

Baca juga: Tangi Resmi Dirilis, Aplikasi Buatan Google untuk Berbagi Video Tutorial

Namun sayangnya, pemerintah China belum membeberkan obat ataupun vaksin yang digunakan untuk menyembuhkan ratusan pasien tersebut.  

Dalam siaran persnya, Kedutaan Besar China untuk Indonesia hanya menjelaskan beberapa prosedur perawatan bagi pasien yang terjangkit virus corona novel.

Prosedur perawatan itu dibagi menjadi beberapa bagian, sesuai gejala si penderita, mulai dari gejala ringan, sedang, hingga kronis. Untuk perawatan pasien kronis, misalnya, dijelaskan bahwa pasien yang memasuki tahap ini akan mengalami beberapa gejala, seperti gelisah, denyut nadi kencang dan tak menentu, berkeringat dingin, dan lidah ungu gelap.

Baca juga: Mirip iPhone 8, Ini Dia Bocoran Wujud dan Spesifikasi iPhone Murah

Mereka kemudian menyertakan beberapa resep obat, seperti tablet heishun 10g, Cornus 15g, pil Suhexiang, pil Angong Niuhuang, serta injeksi Xuebijing, injeksi Shenfu, dan injeksi Shengmai. Sejumlah obat dan tata laksana perawatan tersebut merupakan cara penanganan yang lazim dilakukan ketika obat atau vaksin suatu penyakit belum ditemukan.

Selain itu, China justru mengumumkan penggunaan obat anti-HIV untuk pasien virus Corona yang bahkan belum diteliti pengaruhnya untuk kesembuhan para pasien virus tersebut.

Sementara itu, wabah terus menjalar ke seluruh penjuru dunia, hingga pada Kamis (30/1), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah virus Corona sebagai keadaan darurat global.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar