Lumpur Laut, Sebagai Pemecah Masalah Biofuel Saat Ini

Kemala Putri . October 16, 2018
Teknologi.id - Yang dianggap hanya sebagai 'lumpur laut' sebenarnya menawarkan solusi untuk meningkatkan produksi dan panen bahan bakar, menurut penelitian terbaru. Bukti konsep terbaru adalah platform produksi biofuel yang menggunakan dua spesies ganggang laut dan jamur tanah. Ini menurunkan biaya budidaya dan panen serta meningkatkan produktivitas, faktor-faktor inilah yang menahan perkembangan biofuel. Spesies alga, Nannochloropsis oceanica, dan fungi, Mortierella elongate, keduanya menghasilkan minyak yang bisa dipanen dan digunakan manusia. Keduanya merupakan komponen dalam biofuel yang menggerakkan mobil, dan kaya asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Ketika para ilmuwan menempatkan dua organisme di lingkungan yang sama, ganggang kecil menempel pada jamur untuk membentuk massa besar yang terlihat oleh mata telanjang. Metode agregasi ini disebut bio-flokulasi. Ketika dipanen bersama, organisme menghasilkan lebih banyak minyak daripada ditanam dan dipanen terpisah.

Tiga keuntungan besar

"Kami menggunakan organisme alami dengan afinitas tinggi satu sama lain," kata rekan penulis studi Zhi-Yan (Rock) Du, dari departemen biologi molekuler di Michigan State University. “Ganggang sangat produktif, dan jamur yang kita gunakan tidak beracun bagi kita dan juga dapat dimakan. Ini adalah jamur tanah yang sangat umum yang dapat ditemukan di halaman belakang Anda.” Para peneliti membahas keuntungan lain untuk penemuan biofuel ini, diantaranya:
  • Keberlanjutan, karena tidak bergantung pada bahan bakar fosil. Jamur tumbuh di limbah atau sisa makanan, sementara alga tumbuh di air laut.
  • Penghematan biaya, karena mudah mendapat alga dan jamur dalam jumlah besar dengan alat sederhana, seperti sepotong jaring.
  • Mudah terukur, karena organisme merupakan strain liar yang belum dimodifikasi secara genetika. Mereka tidak menimbulkan risiko menginfeksi lingkungan apa pun yang bersentuhan dengan mereka.
Para peneliti juga mendiskusikan bagaimana penemuan mereka memecahkan dua masalah yang menghambat produksi biofuel. [embed]