Kata Peneliti: Orang yang Senang Tidur Larut Cenderung Lebih Cerdas, Apa Benar?

Foto: ZALORA

Teknologi.id – Penelitian mengungkapkan jika seseorang yang lebih cerdas biasanya akan tidur lebih larut. Apa benar?

Peneliti menemukan kaitan antara orang yang menikmati gaya hidup nokturnal dengan kecerdasan. Seperti yang dikatakan oleh peneliti asal Inggris dalam sebuah penelitian berjudul Why Nights Owl are More Intelligent,  bahwa orang-orang yang senang tidur malam adalah orang yang cerdas.

Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Cepat Terlelap Dalam Dua Menit 

Dilansir dari Science Direct, Kamis (14/2/2019), studi ini mengungkapkan bahwa mereka yang terjaga hingga larut cenderung lebih cerdas dibandingkan yang pergi tidur lebih cepat. Mereka juga menemukan bahwa anak yang tidur lebih larut cenderung berkembang menjadi orang dewasa cerdas.

Hasil penelitian itu didasarkan pada konsep bahwa orang yang cerdas cenderung mengadopsi nilai-nilai evolusioner, seperti tidur lebih larut.

Hal ini terjadi karena orang-orang cerdas biasanya memilih lebih aktif di malam hari atau nokturnal jika dibandingkan dengan orang dengan IQ normal.

Dilansir dari Elite Daily, sebuah studi yang dilakukan oleh seorang psikolog di London School of Economics And Political Science menjelaskan bahwa IQ seseorang dan pola tidur ternyata memiliki hubungan erat.

Biasanya, orang-orang ini memilih bekerja di malam hari dan tidak mudah merasa lelah jika dibandingkan dengan bekerja di siang hari. Orang-orang cerdas yang disebut nokturnal ini akan menangkap informasi pada siang hari dan kemudian memprosesnya di malam hari. Selain itu, bekerja hingga larut malam ternyata mampu memperluas pemikiran seseorang.

Baca juga: Twilight, Solusi Untuk Pengguna Smartphone yang Menderita Insomnia 

Namun masih ada lagi manfaatlainnya dari tidur larut. Studi lain membuktikan bahwa selain memiliki kecerdasan lebih tinggi, seseorang yang senang tidur larut pun cenderung lebih makmur.

Para ahli dari University of Madrid melakukan penelitian terhadap 1.000 orang remaja. Peneliti menemukan bahwa mereka yang memilih tidur lebih larut menunjukkan sejenis kecerdasan yang berhubungan dengan pekerjaan bergengsi dan pendapatan lebih tinggi.

Itu tadi penjelasan secara ilmiah menurut peneliti mengenai mengapa seseorang yang senang tidur larut cenderung lebih cerdas. Apakah sobat Tech Expert salah satunya?

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *