Indonesia Masih Negatif Virus Corona, WHO: Kami Khawatir

Teknologi.id . February 12, 2020

Indonesia Negatif Virus Corona

Foto: The Jakarta Post

Teknologi.id - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) mengungkapkan khawatirannya terkait status Indonesia yang hingga saat ini masih negatif virus corona.

"Kami [WHO] khawatir, karena Indonesia belum melaporkan satu kasus virus corona yang terkonfirmasi,” kata Dr Navaratnasamy Paranietharan selaku perwakilan WHO di Indonesia seperti dikutip dari Sydney Morning Herald, Rabu (12/02).

Kekhawatiran WHO bukan tanpa sebab. Menilik letak Indonesia yang secara geografis cukup dekat dengan China dan tingginya intensitas interaksi antara penduduk di kedua negara lah yang menimbulkan pertanyaan besar dari pihak WHO.

Baca juga: [12 Februari] 28 Negara Ini Telah Terjangkit Virus Corona, Indonesia Negatif

Selain itu, sejumlah negara tetangga Indonesia seperti Singapura, Filipina, Malaysia, Australia, Vietnam, dan Kamboja sudah mengkonfirmasi sejumlah kasus virus corona yang terjadi di negara mereka.

WHO berharap pemerintah Indonesia meningkatkan sistem pengawasan, pemantauan, sistem deteksi, dan persiapan lainnya di setiap fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk menangani virus corona.

"Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang pengawasan dan deteksi kasus aktif (Virus Corona), dan persiapan fasilitas kesehatan yang ditunjuk sepenuhnya untuk mencegah infeksi dan mengedepankan langkah-langkah pengendalian untuk dapat mengatasi beban pasien yang berat dari dugaan atau konfirmasi kasus (dalam hal ini jika terjadi skenario wabah)," kata Paranietharan.

Sementara itu Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Achmad Yurianto menanggapi hal tersebut dengan menegaskan bahwa Indonesia saat ini terus berupaya meneliti virus tersebut.

“Jangan kecewa kalau kita gak ada. Ini kan sedang meneliti karena ini virus baru yang sedang kita teliti,” tutur Yuri di Kementerian Kesehatan, Senin (10/2).

Sesuai prosedur

Yuri juga menuturkan setiap hasil pemeriksaan dugaan virus Corona di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) selalu dikirimkan ke WHO sesuai prosedur internasional.

“Seluruh pemeriksaan dari yang pertama sampai yang terakhir semuanya kita laporkan ke WHO,” ucap Yuri.

Hasil pemeriksaan tersebut kemudian akan diverifikasi lebih lanjut oleh pihak WHO untuk menilai kinerja dari lab di Indonesia. 

Sejauh ini dari hasil pemeriksaan yang dilaporkan seluruh spesimen dugaan virus Corona di Indonesia pun dinyatakan tidak ada masalah oleh WHO.

“Alhamdulilah sampai sekarang masih tidak ada masalah. who juga mengatakan apa yang kita lakukan sudah benar,” ungkap Yuri.

Baca juga: 9 Pekerjaan Sektor Digital Bergaji Tinggi di Indonesia

Data Kementerian Kesehatan menyebutkan, hingga Minggu (9/2) ada 62 spesimen yang diperiksa Balitbangkes, 59 dinyatakan negatif dan tiga masih dalam tahap pemeriksaan.

Sementara hingga hari ini Rabu (12/02) jumlah orang yang terinfeksi virus Corona di China semakin bertambah mencapai 33.366. Sedangkan secara keseluruhan di seluruh dunia tercatat sebanyak 44.138 orang yang terinfeksi virus tersebut dengan korban meninggal mencapai 1.107 orang.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar