Ilmuwan Ini 'Sulap' Kertas Jadi Keyboard

Rima Fidayani Rizki . September 06, 2020

Foto: Smithsonian Magazine

Teknologi.id - Kamu pernah membayangkan bahwa ada keyboard yang berbahan kertas, ringan, bisa dilipat, serta mudah pula dibersihkan?

Baca Juga: Google Maps Tambahkan Layer Baru Tunjukkan Lokasi Kasus COVID-19 Terparah

Ramses Martinez, insinyur biomedis dari Purdue University untuk pertama kalinya memperkenalkan perangkat elektronik berbasis kertas tanpa tenaga listrik. "Kami mengembangkan metode untuk membuat kertas anti air, minyak, dan debu dengan melapisinya dengan molekul yang sangat berfluorinasi. Lapisan omniphobic ini memungkinkan kami mencetak beberapa lapisan sirkuit ke atas kertas tanpa membuat tinta melumuri dari satu lapisan ke lapisan berikutnya," ujarnya sebagaimana dikutip dari Sciencealert

Bagian cetakan kertas yang ditekan, sebagaimana kita menekan tombol pada keypad, akan mengirimkan sinyal melalui bluetooth ke perangkat lain, misalnya laptop. 

Temuan proses pencetakan baru ini bisa mengubah hampir semua kertas atau karton menjadi keyboard yang memiliki kemampuan tahan air dan bisa dilipat. Penggunaan lapisan khusus anti cairan dan debu memungkinkan beberapa lapisan sirkuit dicetak di atas kertas tanpa noda.

Baca Juga: Google Siap Bangun Kota Kecil untuk Jadi Markas Barunya 

Pada sisi lain kertas atau karton, pencetakan tinta standar kemudian dapat digunakan menempatkan titik-titik tekanan (tombol). Lapisan ini dapat dicetak dalam desain apa pun yang Anda inginkan, dari keypad numerik hingga kontrol volume.

Inovasi ini juga tidak memerlukan sumber listrik. Tidak diperlukan baterai atau colokan listrik untuk mengoperasikan keyboard yang sudah jadi. Teknologi ini dikenal sebagai nanogenerator triboelektrik atau perangkat TENG, yang mampu diberdayakan sepenuhnya.

(rf)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler