Ilmuwan Ciptakan Filter Udara yang Mampu Bunuh 99,8% Virus Corona

Nimas Disri . July 17, 2020

Foto: Duux

Teknologi.id - Tak dapat dipungkiri, virus corona telah menjadi momok menakutkan bagi seluruh penduduk dunia dan belum ditemukan solusi untuk memusnahkannya. Beragam penelitian dan upaya penyembuhan dilakukan, demi mengurangi risiko penyebaran dan bertambahnya pasien. Baru-baru ini, para ilmuwan dari University of Houston dikabarkan telah mengembangkan filter udara khusus yang mampu membunuh virus corona secara instan.

Baca Juga: Unik, Peneliti Bikin Alat Pendeteksi Kesehatan dengan Menggunakan Pensil

Dilansir dari Materials Today, jurnal yang mempublikasikan penelitian ini, filter udara yang telah dikembangkan mampu menetralisir dan membunuh 99,8 persen virus corona di udara hanya dengan satu kali penyaringan. Filter ini bekerja dengan menghasilkan hawa panas yang diklaim mampu membunuh virus.

Peneliti yang memprakarsai filter ini adalah Zhifeng Ren, seorang profesor fisika di University of Houston, di mana ia menciptakan desain unik terbuat dari busa nikel yang dipanaskan. "Itu berpori dan fleksibel memungkinkan aliran udara dan konduktif secara elektrik, yang memungkinkannya untuk dipanaskan," tutur Ren.

Foto: University of Houston

Proses ini membutuhkan pemanasan hingga 392 derajat Fahrenheit untuk membunuh virus corona karena virus ini menurut penelitian, tidak mampu bertahan pada suhu di atas 158 derajat Fahrenheit.

Filter udara ini nantinya bisa digunakan di bandara, pesawat terbang, gedung perkantoran, sekolah, hingga kapal pesiar.