Harapan Besar Bill Gates untuk Dua Calon Vaksin Covid-19

Nimas Disri . July 03, 2020

Foto: The Jakarta Post

Teknologi.id - Pembuatan vaksin Covid-19 terus digencarkan oleh universitas-universitas dan perusahaan bioteknologi di seluruh dunia. Kabar baiknya, pendiri Microsoft, Bill Gates, menyebutkan bahwa ada dua calon vaksin Covid-19 yang sangat menjanjikan saat ini. Dua calon vaksin itu merupakan buatan AstraZaneca dari Universitas Oxford dan Jhonson&Jhonson. 

"Keduanya sama-sama menggunakan vektor adenovirus. Keduanya juga terlihat paling menjanjikan karena kami tahu bagaimana caranya meningkatkan produksi," ungkap Gates yang dilansir dari CNN International. 

Baca Juga: Kabar Baik, Kalbe Farma Uji Klinis Vaksin COVID-19 Juli Mendatang

Yayasan milik Bill dan Melinda Gates juga telah menyiapkan dana jutaan dolar untuk menyediakan pabrik vaksin di semua negara, termasuk negara yang tidak kaya sekalipun. 

"Vaksin ini bisa jadi tidak sukses. Tapi kami sangat berharap pada dua vaksin ini dan telah mengeluarkan ratusan juta dolar. Akan sia-sia jika vaksin ini tidak sukses," lanjut Gates lagi. 

Saat ini, kedua vaksin tersebut telah memasuki uji coba fase trial III pada manusia. Uji coba yang termasuk kompleks karena vaksin ini harus terbukti manjur dan aman untuk manusia. 

Baca Juga: Bill Gates: Amerika Tidak Melakukan Banyak Hal untuk Memerangi Covid-19

Halangan terakhir dari proses penemuan vaksin ini adalah kaum antivaksin. "Nantinya mereka akan punya pilihan untuk menerima atau tidak vaksin tersebut," tegas Gates. 

Sekadar informasi, Bill dan Melinda Gates akan menggelontorkan dana hingga US$ 100 juta untuk memerangi virus corona yang akan digunakan dalam pengembangan vaksin di seluruh dunia. 

(nd)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler