Begini Hasil Penyelidikan Kemenkes Terkait Turis China Positif Corona Usai Berlibur di Bali

Teknologi.id . February 14, 2020

Corona Bali

Foto: The Jakarta Post

Teknologi.id - Menanggapi kasus turis China yang positif terinfeksi virus Corona usai berlibur di Bali, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia akhirnya menyampaikan hasil penyelidikannya.

Achmad Yurianto, selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Sesditjen), melalui panggilan telepon dari Natuna, Kamis (13/2/2020) berkata bahwa setelah dikonfirmasi ke maskapai yang bersangkutan, memang ada dua orang penumpang atas nama Jin yang melaksanakan penerbangan dari Wuhan ke Bali dengan menggunakan Lion Air pada tanggal 22 Januari 2020. Kedua orang ini adalah satu orang dewasa dan anak-anak. 

"Ada WNA China yang bernama Jin pada 22 Januari 2020 datang ke Indo dan pada 28 Januari 2020 kembali lagi menggunakan maskapai Garuda rute Bali-Shanghai. Ternyata, pada 22 Januari 2020 ada dua orang bernama Jin. Satu anak-anak dan satu lagi orang dewasa," tutur Yurianto, Kamis (13/2/2020).

Sedangkan penerbangan Garuda dari Bali ke Shanghai pada 28 Januari 2020 yang digunakan Jin untuk kembali ke Shanghai, ternyata terdapat enam orang bernama Jin dengan dua diantaranya merupakan Jin yang sama yang menaiki maskapai Lion Air 22 Januari 2020.

Baca juga: Turis China Positif Corona Setelah Berlibur di Bali, Begini Tanggapan Kemenkes

"Pemeriksaan hanya baru dilakukan pada dua orang bernama Jin yang ikut penerbangan pertama pada 22 Januari 2020. Kalau pada 5 Februari mereka confirm mengidap Covid-19 berarti mereka telah melewati masa inkubasi. Di China masa inkubasi yang dikonfirmasi itu selama 10 hari," lanjutnya.

Masa inkubasi virus corona Wuhan di China rata-rata adalah 10 hari, sehingga jika dihitung mundur sejak diagnosisnya, Yurianto memperkirakan tanggal 27-28 Januari 2020 adalah tanggal pertama Jin terinfeksi. 

"Kalau 27 (Januari 2020) berarti dia di indonesia. Kami mencoba melakukan kajian analisa data di provinsi Bali sampai dengan tanggal itu, ternyata kita sudah menerima spesimen pemeriksaan virus itu sebanyak 14 orang sampai tanggal itu, 2 WNI dan sisanya WNA. Hasilnya semua negatif," ungkap Yurianto.

Sedangkan jika baru pada tanggal 28 Januari 2020 Jin terinfeksi virus tersebut, maka pada saat itu Jin sedang berada di Shanghai. Pihak Kemenkes pun menduga kuat bahwa Jin tertular virus Corona ketikadi Shanghai. 

Selain itu, Yurianto juga menyatakan telah melakukan kajian analisis data di Provinsi Bali hingga tanggal tersebut. Kemenkes juga telah menerima spesimen pemeriksaan virus sebanyak 14 orang di Bali yang terdiri dari dua orang WNA dan 12 orang lainnya adalah WNI.

"Semua hasilnya negatif, bukan hanya pada periode itu. Kami juga melihat Influenza Like Illness (ILI) ternyata tidak ada perubahan. Angkanya segitu-segitu saja. Kami lengkapi lagi survei Pneumonia dan hasilnya juga sama," tambahnya.

Baca juga: Xiaomi Mi 10 dan Mi 10 Pro Resmi Diluncurkan, Begini Spesifikasi dan Harganya

Yurianto menyebut, saat ini pihak Kemenkes tengah melakukan pelacakan di imigrasi terkait segala informasi yang berkaitan dengan Jin, serta apa saja aktivitasnya selama berada di Indonesia.

"Kita juga mencoba bertanya, setelah identitasnya nanti ketemu Jin siapa yang lengkap. Hotel mana yang kemasukan Bapak Jin. Ini yang kita cari, mudah-mudahan kita bisa menemukan itu," kata Yurianto. 

Sementara itu hingga hari ini jumlah korban akibat virus Corona (COVID-19) terus berlipat ganda mencapai 64.346 pasien terinfeksi, 1.490 orang diantaranya meninggal dunia, dan 6.982 lainnya dinyatakan pulih. Hal itu berdasarkan data yang dihimpun Johns Hopkins University Center for Systems Science and Engineering.

Selain di China sendiri, berdasarkan data yang dirilis WHO telah ada 447 kasus dari 24 negara lain yang sudah menyebabkan dua kematian. Selain kematian di Filipina beberapa waktu lalu, satu kematian lagi diberitakan di Jepang baru-baru ini.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya