Diblokir di Medsos, Inilah Platform Baru Milik Donald Trump

Ikhsan Hanif Fuadi . May 06, 2021

(Gambar: Pixabay)

Teknologi.id - Donald J. Trump, Presiden Amerika Serikat ke-45 ini lagi-lagi menyedot perhatian publik setelah bulan lalu sempat membuat heboh mengenai pemblokiran akun miliknya di situs jejaring sosial. Seperti tidak kehabisan akal, kali ini ia muncul kembali dengan ruang ciptaannya sendiri untuk menyampaikan gagasan dalam bentuk blog pribadi.

Penasihat senior Donald Trump, Jason Miller, mengatakan di bulan Februari lalu bahwa merupakan suatu kesempatan yang sangat bagus untuk kliennya membuat media sosial miliknya sendiri.

Namun, keinginannya tersebut ternyata tidak seperti apa yang diharapkan. Bentuk dari media sosial yang diinginkan ternyata hanyalah sebuah blog pribadi yang ia beri nama, "From The Desk of Donald J. Trump,". Blog ini dapat diakses melalui tautan www.DonaldJTrump.com/desk.

Baca juga: Websitenya Rampung, Donald Trump Kembali Online


(Gambar: Donald J. Trump)

Tampilan Blog Pribadi Donald Trump

Blog tersebut didukung oleh Campaign Nucleus, sebuah ekosistem digital yang dibuat untuk mengelola kampanye politik dan organisasi yang dibentuk oleh mantan manajer kampanye Donald Trump, Brad Parscale.

Tampilan dari blog tersebut terbilang biasa saja, tidak terlalu modern, dan mungkin juga bisa dibuat oleh para developer website dalam waktu singkat dengan menggunakan WordPress atau Blogger. Isinyapun hanya seputar Donald Trump dan juga beserta seluruh gagasannya.

Pada halaman blog tersebut, Donald Trump dapat mem-posting berupa tulisan, gambar, dan juga video. Komunikasi yang dijalinpun hanya terjadi satu arah dengan hanya menambahkan tombol love dan juga share ke Facebook & Twitter.

Selain itu, pengunjung juga dapat memberikan kontribusi, mengirim pesan melalui formulir, serta mendaftar apabila ingin mendapatkan notifikasi ketika Donald Trump membagikan postingan terbaru.

Baca juga: Resmi! Akun Twitter Donald Trump Ditutup Permanen

Apa yang Ia Tulis?

Diketahui Donald Trump telah mulai mem-posting sejak 24 Maret 2021. Tulisannya juga tidak jauh berbeda dengan apa yang ia sering lakukan di platform sebelumnya, yaitu Twitter.

Salah satu tulisan yang ia bagikan pada hari Rabu lalu (05/05/2021) juga sempat menyidir pihak Facebook dan Twitter. Dalam tulisan tersebut ia mengatakan,

"Apa yang telah dilakukan Facebook, Twitter, dan Google adalah aib total dan memalukan bagi negara kita. Berbicara dengan bebas telah dicabut dari Presiden Amerika Serika karena kaum kiri radikal yang gila takut akan kebenaran, tetapi kebenaran akan terungkap, lebih besar dan lebih kuat dari sebelumnya. Orang-orang dari negara kita tidak akan mendukungnya! Perusahaan media sosial yang korup ini harus membayar harga politik, dan tidak boleh lagi diizinkan untuk menghancurkan dan memusnahkan proses pemilu kita."

Sampai saat ini belum ada tanggapan oleh pihak Twitter mengenai tulisan dan blog pribadi milik Donald Trump ini, bahkan juru bicara Facebook juga enggan untuk menanggapinya.

Bagaimana Publik Menanggapinya? 

Melalui akun resmi Facebook's Oversight Board, pihak Facebook menyampai akan melakukan pemblokiran terhadap akun milik Donald Trump akibat aksi protes tanggal 6 Januari lalu. Hal serupa juga telah dilakukan oleh pihak Twitter lebih dulu pada tangga 8 Januari 2021.


(Gambar: Facebook's Oversight Board)

Baca juga: Snapchat Ikut Blokir Akun Donald Trump Secara Permanen

Publikpun juga ikut merespon mengenai keberadaan platform ini. Ada beberapa dari mereka yang mendukung, tetapi tidak sedikit juga yang menolak. Orang-orang yang menolak keberadaan blog ini juga menaikkan tagar #RemoveTrumpJack sebagai bentuk ketidaksukaan atas tulisan-tulisan Donald Trump.

(ihf)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar