5 Rekomendasi Aplikasi untuk Amati Fenomena Planet Sejajar!

Obi Ramdhani . June 23, 2022

Foto: Twitter @guivaloz

Teknologi.id - Fenomena planet sejajar akan terjadi pada besok hari yaitu tanggal 24 Juni 2022 sekitar pukul 04.30 sampai 05.30 waktu setempat, fenomena ini digadang-gadang akan berlangsung selama 72 sampai 24 menit sebelum matahari terbit.

Adapun untuk beberapa planet yang akan bergerak sejajar yaitu diantaranya seperti planet Merkurius, Venus, mars, Jupiter, dan planet Saturnus. BBC science fokus melaporkan bahwa kelima planet tersebut terakhir kali sejajar yaitu pada tahun 2004 silam.

Baca juga : Dikira Nganggur Pemuda Kulon Progo Ini Urus Server Singapura!

Fenomena planet sejajar ini untuk terjadi berikutnya berada pada kisaran tahun 2041 hal ini seperti yang telah dilaporkan berdasarkan halaman pusat sains antariksa lembaga penerbangan dan antariksa Nasional atau LAPAN, fenomena ini bisa disaksikan secara kasat mata ataupun tanpa alat bantu sekalipun, nantinya bulan sabit akan terlihat di antara Venus dan juga mars.

Akan tetapi meskipun bisa dilihat dengan kasat mata kita juga perlu memastikan dan memilih tempat yang memiliki pemandangan cakrawala timur dan selatan yang tidak terhalang oleh awan ataupun hal lain, maka dengan begitu kita bisa menyaksikan fenomena ini dengan jelas.

Sebenarnya kita juga bisa melihat planet Uranus juga bergerak sejajar akan tetapi kita memerlukan alat seperti teleskop minimal yang berukuran lensa 10 centi untuk bisa melihatnya, namun selain itu Kalian juga bisa menggunakan beberapa aplikasi ini untuk bisa melihat fenomena planet sejajar, adapun untuk beberapa aplikasinya adalah sebagai berikut:

1. Skysafari

Aplikasi yang pertama adalah sky safari, aplikasi ini bisa kalian gunakan dengan hanya membayar 5 dolar saja maka kalian sudah bisa melihat fenomena planet sejajar ini, kalian bisa menginstalnya baik itu pada sistem operasi iOS atau pun Android, tetapi pada Android kalian bisa mengunduhnya secara gratis.

Kalian bisa mengarahkan kamera ponsel ke langit untuk nantinya mengidentifikasi planet serta bintang dan juga satelit. Kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk melihat seperti apa langit ribuan tahun yang lalu ataupun perkiraan langit di masa depan. Fitur lain pada aplikasi ini adalah kalian bisa juga mensimulasikan hujan meteor yang telah terjadi ataupun memeriksa apakah ada komet yang mendekat serta mengecek peristiwa langit lainnya.

2. Google sky

Aplikasi untuk melihat fenomena langit sejajar berikutnya adalah aplikasi Google sky, dengan menggunakan aplikasi ini kalian akan memungkinkan untuk menjelajahi jangkauan luar angkasa melalui mata teleskop luar angkasa yang dinamakan Hubble, kalian bisa mendownload aplikasi ini pada ponsel ataupun PC kalian secara gratis.

3. International space  

Aplikasi berikutnya untuk mengecek fenomena langit sejajar adalah international space station, dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa memeriksa planet dan ISS melalui Aplikasi. Hanya itu Kalian juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengecek beberapa fenomena langit salah satunya adalah fenomena planet sejajar yang akan terjadi besok hari.

4. Star tracker

Berikutnya adalah aplikasi star tracker, aplikasi ini bisa kalian download pada iPhone ataupun iOS serta Android, dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa menampilkan beberapa objek langit seperti matahari bulan dan juga planet, serta Kalian juga bisa melihatnya secara real Time.

Aplikasi ini telah menggunakan sebuah fitur Kompas 3D dalam mode augment reality, adapun untuk meningkatkan konsentrasinya star tracker memiliki fitur grafis untuk 12 tanda zodiak dan 6 objek langit dalam yang terkenal. Kalian bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk bisa melihat fenomena planet sejajar besok.

5. NASA

Rekomendasi aplikasi untuk melihat fenomena planet sejajar adalah aplikasi resmi NASA, kalian bisa mendownloadnya pada handphone iOS ataupun Android dan juga kalian bisa melihat perpustakaan foto dengan ribuan gambar yang sudah di update langsung oleh nasa TV.

Tidak hanya itu juga, aplikasi ini memiliki video sesuai permintaan dari seluruh agensi serta streaming langsung dari eksperimen pengamatan bumi, aplikasi nasa ini juga memberikan kalian informasi tentang misi nasa seperti informasi peluncuran roket ataupun penampakan yang ada pada objek langit.

Baca juga :  Indonesia Jadi Negara Ke-4 dengan Kasus Serangan Siber Terbanyak

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini mengenai 5 rekomendasi aplikasi untuk amati fenomena planet sejajar, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca Akhir kata terima kasih!

(OR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar